Connect with us

11. POLRES PELABUHAN TANJUNG PRIOK

Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok Kembalikan Sepeda Motor yang Hilang 12 Tahun lalu kepada Pemiliknya

Published

on

Senin, 15 November 2021 10:44 WIB

TribrataNews PMJ – Tuyahman, seorang warga yang 12 tahun silam kehilangan sepeda motornya kaget sekaligus bangga. Sepeda motornya yang dulu raib digondol maling kini ditemukan polisi. Melalui Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok, sepeda motor kesayangannya dulu kini bisa diperoleh kembali.

“Kejadian sepeda motor korban hilang sekitar bulan Agustus tahun 2009 pada saat sepeda motor korban sedang parkir di warung daerah Kalibata Jakarta Selatan. Dan korban sudah membuat laporan ke Polsek Pancoran Jakarta Selatan,” kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok, AKP Sang Ngurah Wiratama saat penyerahan sepeda motor kepada korban, Sabtu 13 November 2021.

AKP Tama menyebut, terungkapnya sepeda motor curian milik Tuyahman berawal ketika petugas Polres Pelabuhan Tanjung Priok sedang berpatroli melakukan pengamanan situasi kamtibmas. Kegiatan ini sedianya tugas biasa yang dilakukan sehari-hari polisi. Namun saat menjalankan tugas, aparat melihat dua orang warga sedang kesulitan mendorong sepeda motor.  Petugas pun langsung bergerak untuk membantu warga tersebut. Namun dalam perjalanannya, petugas sudah melihat gerak-gerik mencurigakan dari orang itu. Ternyata setelah diperiksa, kendaraan roda itu ternyata hasil curian.

“Setelah berkomunikasi, gerak-gerik orang itu mencurigai. Ketika dilakukan pemeriksaan sepeda motor tersebut ternyata hasil tindak pidana pencurian,” ujar AKP Tama.

Ketika dibawa ke Polres Pelabuhan Tanjung Priok, kata Wiratama, terduga pelaku itu ternyata tidak mampu menunjukkan surat-surat kendaraan. Alhasil, polisi langsung melakukan mengamankan tersangka KS yang dalam perkara ini diduga sebagai penadah sepeda motor tersebut.

“Peran KS Ini membeli barang hasil kejahatan atau diduga tindak pidana penadahan,” ujar AKP Tama.

Setelah mengetahui sepeda motor curian, kata AKP Tama, jajarannya dan dia langsung bergerak melakukan pengecekan adanya laporan polisi terhadap kendaraan yang dicuri.  Akhirnya ditemukan lah adanya laporan pada 2009 lalu oleh korban, sekaligus pemilik motor itu benar – benar milik Tuyahman. Setelah dipanggil ke Polres Pelabuhan Tanjung Priok, polisi memeriksa surat-surat sepeda motor dan ternyata korban mampu memberikannya dengan benar dan lengkap. Demi mempercepat pengembalian motor korban, kemudian dibuatkan laporan polisi baru. Kendaraan itu pun kini telah kembali ke pemilik aslinya.

Sementara itu, sang pemilik motor Tuyahman mengaku sangat senang dan tak menyangka motornya yang telah lama hilang belasan tahun kembali. Ia pun berterima kasih ke Polres Pelabuhan dan mengimbau kepada masyarakat untuk melapor ke polisi apabila mengalami hal serupa.

“Alhamdulillah motor saya yang telah hilang selama kurang lebih 12 tahun telah ditemukan oleh Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan telah diserahkan kembali kepada saya. Dan saya menyarankan kalau kita kehilangan kita lapor polisi,” kata Tuyahman saat menerima motornya di Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

11. POLRES PELABUHAN TANJUNG PRIOK

Perkara Pemalsuan Dokumen COVID-19 Menonjol Sepanjang 2021 di Tanjung Priok

Published

on

By

Jumat, 31 Desember 2021 09:32 WIB

TribrataNews PMJ – Perkara pemalsuan dokumen terkait COVID-19 menjadi salah satu kasus hukum yang menonjol terjadi di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Priok sepanjang 2021.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Putu Kholis Aryana mengatakan, pihaknya sudah memproses 11 perkara pemalsuan dokumen COVID-19 selama setahun.

“Ini merupakan salah satu kasus menonjol, ada 11 kasus pemalsuan dokumen COVID-19 untuk kepentingan perjalanan,” kata AKBP Putu saat konferensi pers akhir tahun 2021 di Markas Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/12/2021).

Kebanyakan dokumen COVID-19 palsu ini didapatkan dari para calon wisatawan yang hendak berlibur ke Kepulauan Seribu melalui Dermaga Kaliadem, Muara Angke.

Ada dokumen-dokumen tertentu yang dipalsukan para tersangka kasus ini.

Misalnya pemalsuan surat hasil usap (swab) antigen sebanyak tujuh kasus, surat hasil PCR dua kasus, dan sertifikat vaksin dua kasus.

“Total tersangka yang kami tangkap dari perkara pemalsuan dokumen COVID-19 ini sebanyak 23 orang tersangka,” kata AKBP Putu Kholis.

Mereka dijerat pasal 35 juncto pasal 51 ayat 1 dan atau pasal 32 juncto pasal 48 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen.

Continue Reading

11. POLRES PELABUHAN TANJUNG PRIOK

Wakapolda Metro Jaya Tinjau Alur Pengecekan Penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok

Published

on

By

Rabu, 29 Desember 2021 12:52 WIB

TribrataNews PMJ – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Hendro Pandowo meninjau langsung alur pengecekan penumpang yang turun di Terminal Penumpang Nusantara Pura II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (28/12/2021) kemarin.

“Kami melihat alur pengecekan terhadap penumpang turun, dari surat perjalanannya maupun surat hasil swab antigen negatif COVID-19,” kata Brigjen Pol Hendro Pandowo.

Wakapolda mengatakan, ​peninjauan itu agar menjelang Tahun Baru 2022, seluruh prosedur operasional standar pencegahan penularan COVID-19 tersebut dapat dilaksanakan secara kontinu dan disiplin di Pelabuhan Tanjung Priok.​​​​​​

Baik pengecekan surat perjalanan dan tes usap antigen, serta mekanisme random sampling terhadap penumpang yang datang sebanyak 10 persen sampai 20 persen dari jumlah penumpang.

Wakapolda Metro Jaya meninjau Posko Terpadu Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Terminal Penumpang Nusantara II Pelabuhan Tanjung Priok, didampingi oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok dan sejumlah stakeholder pelabuhan yakni Kepala PT Pelni Cabang Tanjung Priok, Perwakilan Syahbandar Utama Tanjung Priok, Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan GM SDM Pelindo.

Selain itu, Wakapolda Metro Jaya melakukan pengecekan ruang isolasi sementara bagi penumpang yang terpapar COVID-19 sebelum di bawa ke tempat rujukan pasien Covid-19.

Kegiatan pengecekan ditutup dengan sesi foto bersama Wakapolda Metro Jaya dengan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok dan stakeholder pelabuhan, serta meninggalkan Terminal Penumpang Nusantara Pura II Pelabuhan Tanjung Priok.

Continue Reading

11. POLRES PELABUHAN TANJUNG PRIOK

Selama Nataru, Polres Pelabuhan Tanjung Priok Buka Sentra Vaksin Anak di Dermaga Penyeberangan Tanjung Priok

Published

on

By

Senin, 27 Desember 2021 10:55 WIB

TribrataNews PMJ – Polres Pelabuhan Tanjung Priok membuka sentra vaksinasi Covid-19 bagi anak di dekat dermaga penyeberangan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022.

 

”Sentra vaksin anak di dekat dermaga penyeberangan ini berfungsi memperkuat layanan pos pelayanan Nataru, sekaligus mendukung kebijakan pemerintah sesuai arahan Bapak Kapolri,” ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana kepada media, Senin (27/12/2021).

 

Selaras dengan hal tersebut, pada masa Nataru bapak Kapolda Metro Jaya menghidupkan kembali program Vaksinasi Merdeka dengan fokus sasaran kelompok anak dengan usia 6 sampai dengan 11 tahun.

 

”Sehingga kami memilih tempat di pusat keramaian warga sekaligus terjangkau dari dermaga penyeberangan yaitu di Kampung Tangguh Jaya, Rusun Budha Tzu Chi RW 20 Muara Angke,” ungkapnya.

 

Diketahui bahwa Polres Pelabuhan Tanjung Priok telah melaksanakan vaksinasi dengan fokus kelompok usia 6 sampai dengan 11 tahun di Kawasan Muara Angke mulai tanggal 15 Desember 2021, sejumlah lebih dari 700 orang.

 

”Diharapkan dengan dibukanya sentra vaksin anak di dekat dermaga penyeberangan serta pada pusat pemukiman warga, maka akan mengakselerasi persentase jumlah penduduk yang telah divaksin serta mendukung kebijakan pemerintah pada masa Nataru saat ini,” tandasnya.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News