Connect with us

21. DITLANTAS

Sat PJR Dit Lantas Polda Metro Jaya telah berhasil mengungkap Kasus Kendaraan Roda Dua masuk dalam Tol dengan cara transaksi E-Toll

Published

on

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya awalnya agak sulit, sehingga kemudian tim bergerak terus, kita mencari beberapa saksi kita lakukan pemeriksaan Selasa (27/4/2021)

 

“akhirnya ketemu hari Sabtu lalu, sekitar pukul 13:00 WIB kita mendapatkan informasi identitas kendaraan dengan nomor polis B 3055 PCB. Ini pergerakan tim lama beberapa hari mulai Selasa dia viral kejadian, pada hari Jumat kita sudah mulai mendapatkan video viral tersebut. Akhirnya kita mendapatkan ada satu identitas dari pada kendaraan. Ini atas nama STNK saudara P, alamat di daerah Tangsel berhasil identifikasi tim Dilantas PMJ sesuai dengan nomor kendaraan,” kata Yusri di Polda Metro Jaya

 

Pengemudi melanggara Pasal 287 Ayat 1 UULAJ dengan melanggar rambu lalu lintas dengan denda Rp 500 ribu dan Pasal 288 UU LLAJ dengan tidak memiliki SIM dengan denda Rp 1 juta.

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

21. DITLANTAS

Meski Ditiadakan Tilang Manual, Ditlantas Polda Metro Jaya Tetap Siagakan Polisi di Jalan

Published

on

By

Senin, 21 November 2022 09:20 WIB

TBNews PMJ – Pasca ditiadakannya tiang manual, fenomena masyarakat yang dengan sengaja melanggar lalu lintas banyak ditemukan. Pasalnya, saat ini polisi mengganti penindakan hukum di jalan raya menggunakan sistem tilang elektronik (e-TLE).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, penghilangan tilang manual tidak berarti pengendara bebas untuk melakukan pelanggaran di jalan.

“Kami melakukan tilang elektronik bukan untuk sebanyak-banyaknya menilang, tapi kita memberikan pesan bahwa kamu sebenarnya harus hati-hati,” kata Kombes Latif kepada wartawan, Sabtu (19/11/2022).

Menurut Kombes Latif, anggota lalu lintas tetap akan berjaga di lapangan meski tilang manual telah dihilangkan. Ia pun tidak segan untuk tetap menilang pengendara yang berpotensi menyebabkan kecelakan fasilitas hingga yang terindikasi adanya pidana, salah satunya dengan menggunakan plat nomor palsu.

“Dalam artian mereka sudah memulai bagaimana biar tidak terkena e-TLE, seperti yang dia asal nempel (pelat) dan ini kan namanya pemalsuan. Nah ini yang pidana. Ini yang bisa kita lakukan penilangan secara manual,” tutur Kombes Latif.

Ia pun menjelaskan, polisi masih bisa melakukan penindakan dsri teguran hingga penilanga. “Kalau masih sewajarnya akan dilakukan penindakan edukasi, teguran. Tapi kalau sudah mengarah ke pidana, mengarah ke potensi laka lantas, itu bisa kita tilang (manual),” tambahnya.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Polda Metro Jaya Alihkan Lalu Lintas Kawasan Istana Terkait Aksi 411, Jumat (4/11/2022) Mulai pukul 10.00 WIB

Published

on

By

Jumat, 4 November 2022 08:10 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di kawasan Istana Kepresidenan dan Monas dalam rangka pengaman Aksi Demo 411 pada Jumat (4/11/2022) hari ini.

“Pengalihan arus lalu lintas terkait aksi demo kelompok 411,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Kombes Latif mengatakan, pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan mulai pukul 10.00 WIB hingga berakhirnya aksi massa.

Masyarakat yang hendak menuju kawasan Istana dan Monas diminta untuk mencari jalan alternatif lain.

Adapun skema pengalihan arus lalu lintas di kawasan Istana Kepresidenan dan Monas untuk besok adalah sebagai berikut:

Arus lalu lintas secara dari arah Bundaran HI menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih;

Arus lalu lintas dari arah Kebon Sirih menuju Patung Kuda diluruskan ke arah Tugu Tani;

Arus lalu lintas dari arah Jalan Rudwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit/Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto;

Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu;

Jalan Veteran I, II dan III ditutup;

Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Polda Metro Jaya Bakal Kerahkan 10 Unit Kendaraan Berkamera Tilang Elektronik (E-TLE) untuk Awasi Lalu Lintas Jakarta

Published

on

By

Selasa, 25 Oktober 2022 07:45 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan 10 unit kendaraan berkamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman berujar penyediaan kendaraan berkamera tilang itu dilakukan sebagai langkah untuk menuju peniadaan tilang manual.

Kombes Pol Latif Usman menyatakan pihaknya akan menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) statis dan mobile dalam menilang pengendara yang melanggar aturan.

“Kita laksanakan perintah Kapolri dengan menyiapkan perangkat E-TLE Statis dan E-TLE mobile. Jadi di Polda Metro Jaya tidak ada lagi penilangan secara manual,” ujar Latif saat dikonfirmasi, Senin (24/10).

Ia mengatakan E-TLE mobile akan digunakan di wilayah yang tidak terdapat E-TLE statis.

Diketahui E-TLE statis merupakan perangkat yang menggunakan CCTV yang diletakkan di persimpangan jalan dengan fungsi untuk merekam aktivitas pengendara. Sedangkan E-TLE mobile diletakkan pada seragam maupun kendaraan petugas kepolisian.

“Dengan adanya ETLE mobile seluruh ruas jalan di Jakarta dapat kita awasi apabila ada pelanggaran,” tuturnya.

“Dengan 10 unit untuk sementara, sudah cukup mengawasi ruas jalan di seluruh Jakarta,” tambahnya.

Kombes Latif juga mengatakan Ditlantas Polda Metro Jaya secara bertahap akan menambah kamera ETLE statis maupun portabel untuk memperluas wilayah pengawasan dan memaksimalkan penindakan pelanggaran lalu lintas.

“Ke depan akan ditambah lagi untuk lebih memaksimalkan pengawasannya,” ujar Kombes Latif.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengoptimalkan tilang elektronik statis maupun portabel. Hal ini, kata Kapolri, sebagai upaya untuk mengurangi tilang manual untuk menghindari terjadinya pungutan liar (pungli).

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022 tanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi.

“Penindakan pelanggaran lalu lintas tidak menggunakan tilang manual. Namun hanya dengan menggunakan ETLE baik statis maupun portabel,” demikian bunyi poin lima surat telegram tersebut.

Dalam telegram itu, Kapolri juga menginstruksikan jajaran Korlantas untuk memberikan teguran kepada pelanggar lalu lintas.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News