Connect with us

21. DITLANTAS

Sat PJR Dit Lantas Polda Metro Jaya telah berhasil mengungkap Kasus Kendaraan Roda Dua masuk dalam Tol dengan cara transaksi E-Toll

Published

on

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya awalnya agak sulit, sehingga kemudian tim bergerak terus, kita mencari beberapa saksi kita lakukan pemeriksaan Selasa (27/4/2021)

 

“akhirnya ketemu hari Sabtu lalu, sekitar pukul 13:00 WIB kita mendapatkan informasi identitas kendaraan dengan nomor polis B 3055 PCB. Ini pergerakan tim lama beberapa hari mulai Selasa dia viral kejadian, pada hari Jumat kita sudah mulai mendapatkan video viral tersebut. Akhirnya kita mendapatkan ada satu identitas dari pada kendaraan. Ini atas nama STNK saudara P, alamat di daerah Tangsel berhasil identifikasi tim Dilantas PMJ sesuai dengan nomor kendaraan,” kata Yusri di Polda Metro Jaya

 

Pengemudi melanggara Pasal 287 Ayat 1 UULAJ dengan melanggar rambu lalu lintas dengan denda Rp 500 ribu dan Pasal 288 UU LLAJ dengan tidak memiliki SIM dengan denda Rp 1 juta.

 

 

21. DITLANTAS

Cegah Reuni 212, Polisi Tutup Jalan Patung Kuda-Monas Mulai Rabu Malam

Published

on

By

Rabu, 1 Desember 2021 14:05 WIB

TribrataNews PMJ – Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup jalan menuju kawasan Bundaran Patung Kuda dan Monas mulai Rabu malam pukul 24.00 WIB, guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni “212” pada Kamis (2/12/2021) besok.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penutupan jalan berlaku mulai Rabu pukul 24.00 WIB hingga Kamis pukul 21.00 WIB.

“Area yang akan ditutup adalah area di seputar Patung Kuda dan Kawasan Monas. Jadi semua area tersebut dinyatakan sebagai kawasan terbatas atau ‘restricted area’,” kata Kombes Sambodo saat ditemui di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Ia menyebutkan jalur protokol yang ditutup meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran dan Jalan Museum.

Jalan tersebut menjadi area steril atau kendaraan tidak boleh melintas, kecuali kendaraan dinas yang berkantor di area steril.

“Kendaraan nanti kita lihat dulu, kalau tujuannya ke kantor, kita perbolehkan. Hanya yang memang berkantor di jalan itu,” tutur Kombes Sambodo.

Oleh karenanya, Polisi mengimbau seluruh masyarakat untuk menghindari area sekitar Bundaran Patung Kuda dan Monas sepanjang esok hari.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat agar besok sepanjang tanggal 2 Desember, dari pagi sampai malam, menghindari kawasan tersebut. Karena dengan adanya penutupan yang kita lakukan, pasti akan terjadi kepadatan dan kemacetan,” ujar Kombes Sambodo.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Pengemudi Mercy Lawan Arah di Tol JORR Ditetapkan Sebagai Tersangka Tapi Tidak Ditahan

Published

on

By

Selasa, 30 November 2021 11:51 WIB

TribrataNews PMJ – Penyidik Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menetapkan pengemudi Mercedes Benz E300 yang lawan arus di Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) KM 53.600 B sebagai tersangka.

“Kemarin sudah diadakan gelar perkara terhadap pengemudi Mercy tersebut, jadi statusnya sudah jadi tersangka,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Meski demikian pengemudi Mercedes yang berinisial MSD tersebut tidak ditahan karena ada dugaan yang bersangkutan menderita demensia hingga tidak sadar akan tindakannya sendiri.

Kepolisian hari ini rencananya melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan dengan didampingi oleh ahli kejiwaan.

“Rencananya hari ini akan dilaksanakan pemeriksaan terhadap pengemudi Mercy tersebut dengan mengundang ahli kejiwaan. Sehingga, dipastikan betul bahwa yang bersangkutan memang menderita demensia atau pikun,” ujarnya.

Sebuah sedan Mercedes E300 masuk ke Tol JORR dari Exit Tol Bintara pada Sabtu (27/11) sekitar pukul 17.00 WIB, sedan mewah tersebut terlibat tabrakan dengan tiga kendaraan.

Setelah dilakukan menjalani pemeriksaan pengemudi Mercedes tersebut kemudian dikembalikan kepada pihak keluarga.

Hal itu karena MSD diduga menderita demensia dan telah lanjut usia sehingga saat itu tidak memungkinkan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan, salah satu alasan Kepolisian memulangkan pengemudi tersebut kepada keluarganya karena tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Pihak keluarga juga bersedia mengganti kerugian materi yang disebabkan oleh kecelakaan tersebut.

“Walaupun ada kondisi kerusakan, tapi pihak keluarga bertanggung jawab untuk mengganti kerugian. Jadi, sementara kita serahkan. Kalau ada korban jiwa, mungkin kita lakukan penahanan,” kata AKBP Argo.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Pembuatan SIM di Satpas Daan Mogot di Bawah Satu Jam

Published

on

By

Kamis, 25 November 2021 09:21 WIB

TribrataNews PMJ – Polda Metro Jaya memastikan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) tipe A dan C di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di Daan Mogot Jakarta Barat di bawah satu jam.

“Kita pastikan selesai, proses tidak kurang lebih dari satu jam,” kata Perwira Administrasi (Pamin) Identifikasi Seksi SIM Subdit Regident Polda Metro Jaya Iptu Ginanjar Tejasasmita saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Hal tersebut dipastikan Iptu Ginanjar lantaran setiap prosesnya dalam tahapan pembuatan SIM hanya memakan waktu sekitar lima sampai 10 menit.

Selain itu, proses dipastikan cepat lantaran karena pihaknya telah mempersiapkan beberapa petugas di lokasi Satpas untuk untuk menuntun peserta pembuat SIM.

Hal pertama yang harus dipersiapkan peserta sebelum datang membuat SIM adalah membawa surat keterangan sehat dan kartu tanda penduduk (KTP).

Setelah itu, pemohon akan diarahkan ke loket untuk membayar penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Setelah proses pembayaran selesai, warga dipersilahkan untuk mengisi blangko pendaftaran.

“Setelah terbit kertas dari pendaftaran, warga masuk ke loket foto Itu untuk melaksanakan identifikasi, foto dan sidik jari,” kata Iptu Ginanjar

Setelah selesai proses identifikasi foto dan sidik jari, peserta akan diarahkan petugas untuk mengikuti tes teori berbasis komputer. Tes yang akan dikerjakan seputar peraturan dan rambu-rambu lalulintas.

Jika dinyatakan lulus ujian teori, peserta akan diarahkan untuk mengikuti ujian praktek di lapangan yang sudah disediakan petugas.

Iptu Ginanjar mengatakan, peserta bisa menggunakan dua jenis kendaraan yakni otomatis dan manual. Dengan demikian, pengendara bisa melakukan tes praktek dengan nyaman.

Jika tidak lulus ujian praktek, maka peserta dijadwalkan ulang untuk kembali mengikuti ujian praktek tujuh hari ke depan.

Namun,  jika dinyatakan lulus ujian praktek oleh petugas, maka peserta akan diarahkan ke loket khusus untuk menerima SIM.

Total biaya yang harus dibayar peserta jika membawa surat kesehatan sendiri adalah Rp120.000 untuk SIM A dan Rp100.000 untuk SIM C.

Iptu Ginanjar juga memastikan proses pembuatan SIM di dalam Satpas sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

Para petugas dan peserta pun diwajibkan memakai masker saat masuk ke dalam area Satpas.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News