Connect with us

3. POLRES METRO JAKARTA BARAT

Polsek Kalideres Tangkap Lima Perampok Sepeda Motor Menyasar Anak-anak, 14 Unit Sepeda Motor Diamankan

Published

on

Jumat, 20 Mei 2022 08:00 WIB

TBNews PMJ – Jajaran Polsek Kalideres berhasil membekuk lima anggota komplotan pencuri sepeda motor dengan sasaran pengendara anak dibawah umur di Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce mengatakan, komplotan pencuri ini menyasar anak-anak di bawah umur yang sedang mengendarai sepeda motor.

“Yang menjadi korban adalah para pengendara motor yang masih kategori anak-anak dan di bawah umur,” kata Kombes Pol Pasma Royce dalam keterangan pers di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (19/5/2022).

Oleh karenanya, Kombes Pasma mengimbau para orangtua untuk bijak melarang anaknya yang masih di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor.

“Kepada orangtua yang khususnya memberikan kemudahan kepada anak-anak di bawah umur, tolong agar lebih arif lagi dalam memberikan kendaraan terhadap anaknya,” kata Kombes Pasma.

Sebab, menurutnya, anak-anak yang mengendarai kendaraan bermotor rawan menjadi korban kejahatan.

“Selain belum cukup umur, juga anak-anak yang berkendara ini mengundang kerawanan, dapat mengundang orang untuk berbuat kejahatan,” ucap Kombes Pasma.

Kombes Pasma sebelumnya menjelaskan, komplotan pencuri yang biasa beraksi di Jakarta dan menyasar anak di bawah umur, baru saja ditangkap. Unit Reskrim Polsek Kalideres telah menangkap lima orang pelaku.

“Tim mengamankan dua pelaku pencurian sepeda motor dengan inisial ER dan DS. Selanjutnya menangkap tiga orang terduga penadah dengan inisial STR, PF, dan MR,” kata Kombes Pasma.

Sementara itu, seorang penadah lainnya berinisial JUL masih buron. Modusnya, para pencuri menipu calon korban yang masih anak-anak dengan tuduhan melakukan kekerasan terhadap adik pelaku.

“Pelaku mereka berjalan dan menemukan pengendara lain yang notabenenya masih anak- anak, lalu dibikin skenario bahwa anak-anak ini telah memukul atau menganiaya adik pelaku,” jelas Kombes Pasma.

Setelahnya, korban diminta ikut menaiki motor pelaku, sedangkan motor korban dibawa oleh pelaku lainnya. “Katanya, ‘Ikut saya’, maka motor dari si korban diambil, dan si korban dibonceng,” ungkap Kombes Pasma.

Selanjutnya, korban pun diturunkan di sebuah titik, sedangkan motor korban dibawa kabur. Motor pun dijual melalui jasa penadah.

Kombes Pasma menyebut pencurian dengan modus tersebut bukan sekali dilakukan komplotan ini. Polisi setidaknya mengamankan 14 unit sepeda motor sebagai barang bukti hasil kejahatan setahun belakangan.

Polisi juga mengamakan barang bukti belasan pelat nomor kendaraan palsu dan puluhan surat tanda nomor kendaraan (STNK) palsu. “Di samping sepeda motor, barang bukti lain ada 14 pelat nomor palsu, 56 STNK palsu, uang tunai Rp 200.000, serta perhiasan emas,” jelas Kombes Pasma.

Atas perbuatannya, tersangka ER dan DS dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan. Sementara itu, tersangka STR, PF, dan MR dijerat Pasal 480 KUHP tentang aktivitas jual-beli barang hasil tindak pidana dengan ancaman hukum kurungan penjara di atas lima tahun.

3. POLRES METRO JAKARTA BARAT

Sambut Hari Bhayangkara Ke-76, Polsek Palmerah Bagikan Sembako dan Sarapan Pagi kepada Warga

Published

on

By

Jumat, 24 juni 2022 12:55 WIB

TBNews PMJ – Polsek Palmerah Polres Metro Jakarta Barat membagikan sembako dan sarapan pagi kepada warga sekitar markas Polsek tersebut dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

“Kita bagikan paket sembako berupa minyak goreng, beras satu kilogram dan sarapan pagi nasi uduk bagi warga sekitar yang membutuhkan,” kata Kapolsek Palmerah, AKP Dodi Abdulrohim saat ditemui di Polsek Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (24/6/2022).

AKP Dodi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi.

Tercatat ada 50 warga yang mendapatkan bantuan tersebut. Pembagian sembako akan terus dilakukan dalam kurun waktu beberapa hari ke depan.

Tidak hanya berbagi sembako, pihaknya juga melakukan pembersihan rumah ibadah dan fasilitas umum yang ada di sekitar lokasi Polsek Palmerah.

Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan vaksinasi massal yang berlangsung sejak 15 Juni hingga 1 Juli mendatang.

Gerai vaksinasi itu menyasar warga yang belum mendapatkan vaksin penguat (booster). Karena itu, gerai tersebut tidak berlokasi di satu tempat melainkan ke beberapa lokasi yang capaian vaksinnya masih rendah.

“Data yang sudah divaksin sekitar 1.100 sampai hari ini. Kalau ‘booster‘ agak sulit ya karena ada tenggat waktunya,” kata dia.

Dia memastikan bantuan tersebut akan terus bergulir dan menyasar kepada warga Palmerah yang membutuhkan.

Continue Reading

3. POLRES METRO JAKARTA BARAT

Polsek Cengkareng Pulangkan 2 Anggota Ormas yang Viral karena Palak Pekerja Provider Internet di Rawa Buaya

Published

on

By

Kamis, 23 Juni 2022 10:25 WIB

TBNews PMJ – Polsek Cengkareng Polres Metro Jakarta Barat memulangkan dua anggota ormas yang viral setelah mencoba memalak pekerja provider internet di Jalan Bojong Raya, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Polisi menilai belum ada unsur pidana dalam kejadian tersebut.

“Tidak ada unsur pidananya, belum ada transaksi atau penyerahan uang),” ujar Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo saat dihubungi wartawan, Kamis (23/6/2022).

Kompol Ardhie menjelaskan, penyidik telah memeriksa kedua anggota ormas tersebut. Kepada penyidik, mereka mengakui meminta uang Rp1,5 juta kepada pekerja provider internet. Namun, dari pihak provider internet belum memberikan uang sepeser pun.

“Pihak pekerja melaporkan ke pimpinannya, namun mereka belum memberikan nominal yang diminta,” ungkapnya.

Kapolsek mengatakan polisi hanya meminta keduanya membuat surat pernyataan agar tidak melakukan perbuatan serupa dikemudian hari.

“Mereka temanan, cuman beda organisasi aja. Kemarin kita amankan dan kita minta keterangan serta buat surat pernyataan dan permohonan maaf,” pungkasnya.

Sebelumnya, kejadian pemalakan itu viral melalui sebuah postingan di media sosial Instagram. Peristiwa pemerasan itu dilaporkan terjadi pada Selasa, 21 Juni 2022. Dalam keterangan postingan disebutkan bahwa, saat itu korban tengah bekerja memasang kabel optik. Tiba-tiba, korban dan tim disatroni oleh seseorang yang mengaku sebagai anggota salah satu ormas. Masih dalam postingan, terlihat gambar pada slide kedua berupa tangkapan layar percakapan pesan WhatsApp. Isi pesan itu disebutkan bahwa pelaku sempat mengancam akan mengambil barang korban jika tidak dikasih jatah.

Continue Reading

3. POLRES METRO JAKARTA BARAT

Polsek Cengkareng Tangkap Dua Oknum Ormas yang Peras Karyawan Provider Internet di Rawa Buaya

Published

on

By

Kamis, 23 Juni 2022 07:25 WIB

TBNews PMJ – Polsek Cengkareng, Polres Metro Jakarta Barat, menangkap dua pelaku yang diduga oknum dari organisasi kemasyarakatan (ormas) lantaran melakukan pemerasan terhadap karyawan provider internet di Jalan Bojong Raya, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat.

“Kita tangkap dua pelaku di daerah Rawa Buaya,” kata Kapolsek Cengkareng, Kompol Ardhie Demastyo saat dikonfirmasi di Jakarta Barat, Rabu.

Namun Kompol Ardie belum menjelaskan kronologi penangkapan yang dilakukan petugas. “Kita sementara ini masih melakukan penyelidikan. Nanti untuk perkembangannya, kita akan sampaikan,” kata dia.

Sebelumnya, aksi pemerasan itu sempat ramai diperbincangkan di media sosial usai foto oknum ormas diunggah di akun Instagram @Jakartabarat24jam.

Dalam keterangan foto unggahan diterangkan bahwa dua oknum dari ormas itu meminta sejumlah uang kepada karyawan yang sedang memasang jaringan telekomunikasi pada Selasa (21/6/2022).

Dua oknum tersebut meminta uang sebesar Rp1.500.000. Korban lalu melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Cengkareng. Keesokan harinya, jajaran Polsek menangkap kedua pelaku.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News