Connect with us

1. POLRES METRO JAKARTA PUSAT

Polsek Johar Baru Tangkap Remaja yang Diduga Terlibat Tawuran di Jl. Kampung Rawa Sawah

Published

on

Rabu, 21 September 2022 07:45 WIB

TBNews PMJ – Sebuah video viral memperlihatkan sejumlah remaja terlibat tawuran di Jalan Kampung Rawa Sawah, tepatnya di Gang T, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2022), sekira pukul 02.40 WIB. Video itu diunggah melalui akun Instagram @info_jakartapusat. Di sana tampak beberapa remaja terlibat saling serang menggunakan senjata tajam.

Kapolsek Johar Baru Kompol Ari Susanto mengatakan, satu remaja berinisial A (17 tahun) ditangkap karena diduga terlibat dalam aksi penyerangan dengan senjata tajam (sajam).

“Satu kami periksa dan dalami, tapi diduga akan ikut melakukan tawuran,” ujarKompol  Ari saat dikonfirmasi, Selasa (20/9/2022).

Kompol Ari mengungkapkan, A baru beberapa hari tinggal di Jakarta serta diajak rekannya berinisal JW untuk ikut tawuran.

Kompol Ari melanjutkan, jajarannya saat ini masih memburu satu orang berinisal JW yang mengajak A untuk terlibat tawuran.

“Iya (satu orang DPO), semalam kami cari sama anggota reserse kriminal tidak ada di tempat tinggalnya,” ucap Kompol Ari.

Menurut Kompol Ari, tidak ada korban jiwa atau korban luka akibat aksi tawuran remaja di Johar Baru tersebut.

“Untuk sementara tidak ada korban dan rencananya nanti sore kami panggil Ketua RT dan RW melalui Pembinaan Masyarakat (Binmas),” tuturnya.

1. POLRES METRO JAKARTA PUSAT

Polres Metro Jakarta Pusat Ungkap Modus Baru Peredaran Narkoba: Peralat Disabilitas Jadi Kurir

Published

on

By

Kamis, 22 September 2022 15:05 WIB

TBNews PMJ – Polres Metro Jakarta Pusat menangkap tiga tersangka narkoba di Daan Mogot, Kota Tangerang, Banten. Ketiga tersangka yang ditangkap yakni  SY (48 tahun), AT (35 tahun), dan FF (27 tahun). Dari ketiganya, SY merupakan penyandang disabilitas.

“Ini modus baru. Ini untuk menghilangkan kecurigaan, maka digunakan orang-orang catatan khusus seperti saudara kita yang disabilitas, yang memang berpenampilan terlihat tidak mencolok,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin dalam konferensi pers, Kamis (22/9/2022).

Kapolres mengungkapkan ketiga pelaku berperan masing-masing, SY berperan sebagai kurir. Lalu AT berperan menerima narkoba dari SY, sedangkan FF yang menyuruh AT.

Tersangka penyandang disabilitas, SY, agar tidak terlihat mencolok, ia membawa narkoba hanya menggunakan tas. Tas tersebut diselempangkan ke badannya.

“Dan proses pembawaan pun sangat lazim, hanya makai tas yang diselempangkan. Ini juga pembelajaran baru untuk kita semua sehingga kita meminimalkan ruang gerak pengedar-pengedar narkoba,” imbuh kombes Komarudin.

Meski begitu, Kombes Komarudin memastikan penindakan hukum tak pandang bulu. “Nanti ranahnya pengadilan menentukan dengan berbagai pertimbangan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Kombes Komarudin mengatakan selama sepuluh hari terakhir pihaknya telah mengungkap 5 kasus peredaran narkoba. Dari lima kasus tersebut, sembilan orang ditangkap.

“Dalam kurun waktu 10 hari, kami berhasil mengembangkan serta mengungkap lima kasus peredaran narkoba jenis sabu, ganja, dan ekstasi. Dari 10 hari yang kami lakukan, pengamatan, pemantauan, kami berhasil mengamankan sembilan orang pelaku,” ujar Kombes Komarudin.

Sejumlah barang bukti disita dari kelima TKP, di antaranya 6,7 kg sabu, 3,1 kg ganja, 40 butir ekstasi, 1,95 gram serbuk ekstasi.

Polisi mengklaim total kerugian negara yang bisa diselamatkan sebesar Rp 9 miliar. Lalu jumlah jiwa yang bisa diselamatkan dari penyalahgunaan narkoba sebanyak 58 ribu orang.

Para tersangka dijerat Pasal 114 2 Subpasal 112 (2) juncto 132 (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun.

Continue Reading

1. POLRES METRO JAKARTA PUSAT

Polres Metro Jakarta Pusat Sita 9.400 Miras hingga 16 Paket Ganja dalam Dua Pekan

Published

on

By

Jumat, 2 September 2022 14:30 WIB

TBNews PMJ – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Metro Jakarta Pusat menyita berbagai jenis narkoba hingga minuman keras (miras) dari pengedar di wilayah Jakarta Pusat. Narkoba hingga miras itu disita dari hasil operasi yang dilakukan jajaran Polres Metro Jakarta Pusat selama dua pekan mulai tanggal 15 sampai 31 Agustus 2022.

“Kami melakukan penyitaan terhadap 9.400 botol minuman alkohol, 52.000 obat-obatan keras, 1,4 kilogram narkotika jenis sabu-sabu, dan 16 paket ganja,” kata Kasat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Rango Siregar di Mapolres Metro Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).

Menurut Kompol Rango, operasi tersebut dilakukan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Jakarta Pusat.

“Sesuai dengan instruksi dari bapak Kapolres untuk memberantas segala tindakan atau pun penyakit masyarakat yang dapat menyebabkan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Pusat,” ungkapnya.

Adapun dari penyitaan sejumlah narkoba dan miras ini, 14 orang ditetapkan sebagai tersangka. Ia menambahkan, 14 tersangka tersebut berperan seperti pengedar narkoba.

“Obat keras ini dijual secara bebas di Jakarta Pusat yang kami tangkap di beberapa tempat. Kami juga masih memburu distributornya,” ucap Rango.

Atas penangkapan itu, ke-14 tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Pasal yang kami sangkakan pada seluruh tersangka sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, undang-undang narkotika,” tegas Kompol Rango.

Continue Reading

1. POLRES METRO JAKARTA PUSAT

Polsek Metro Menteng Tangkap Pencuri Sepeda Motor di Taman Belakang Kantor Kedubes Jerman, Pelaku Kerap Jual Hasil Kejahatan lewat Media Sosial

Published

on

By

Selasa, 16 Agustus 2022 14:50 WIB

TBNews PMJ – Polsek Metro Menteng, Polres Metro Jakarta Pusat, menangkap pelaku pencurian sepeda motor di Jalan Pamekasan, tepatnya di taman belakang Kantor Kedutaan Besar Jerman, Menteng, Jakarta Pusat. Adapun polisi menangkap pelaku berinisian MR (35 tahun) pada Senin (15/8/2022) kemarin.

Kapolsek Metro Menteng AKBP Netty Rosdiana Siagian mengatakan, pelaku beraksi sekitar pukul 19.30 WIB, saat sepeda motor korban sedang terparkir di taman belakang Kedubes Jerman. “Saksi melihat pelaku sedang merusak kunci kotak sepeda motor korban menggunakan kunci letter T,” ujar AKBP Netty dalam keterangannya, Selasa (16/8/2022).

Setelah melihat pelaku mencoba mencuri sepeda motor, kata AKBP Netty, saksi memberitahu korban bahwa sepeda motor miliknya akan dicuri. Menurut AKBP Netty, korban sempat menegur pelaku.

“Karena pelaku kaget ditegur korban, pelaku melarikan diri dan kemudian dikejar dan dapat ditangkap di sekitar Gedung Graha Mandiri,” ungkapnya.

Kanit Reskrim Polsek Metro Menteng, Kompol Johan Rofi menambahkan, pelaku berinisial MR kerap menjual hasil kejahatannya melalui media sosial Facebook.

“Pelaku biasa mengincar motor matic kemudian dijual melalui Facebook,” ujar Kompol Johan Rofi, Selasa (16/8/2022).

Menurut Kompol Johan, MR biasa beraksi di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Sedangkan pelaku baru pertama kali mencuri sepeda motor di Jakarta Pusat. Ia menambahkan, MR menjual sepeda motor dengan harga sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.

“MR biasa main sendiri dan sepeda motor yang dijual seharga Rp 1,5 sampai 2 juta,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 53 KUHP Juncto Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News