Connect with us

2. POLRES METRO JAKARTA UTARA

Polres Metro Jakarta Utara Tangkap 14 Pengeroyok Anggota Polair dan 2 Warga di Tanjung Priok

Published

on

Jumat, 14 Januari 2022 13:27 WIB

TribrataNews PMJ – Jajaran Polres Metro Jakarta Utara telah menangkap 14 pelaku yang mengeroyok dua orang warga dan seorang anggota Subdit Patroli Air Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri di Jalan Ende, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Sabtu (1/1/2022) lalu.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo mengatakan, kejadian yang videonya viral itu langsung ditindak oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Utara bekerja sama dengan Subdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Ditreskrimum Polda Metro Jaya dengan melakukan penyelidikan dan analisis barang bukti.

“Alhamdulillah kami telah mengamankan 14 orang pelaku, 6 orang pelaku utama pengeroyokan dan penganiayaan dan 8 orang sisanya pelaku yang turut diduga membantu saat pelarian,” kata Kombes Wibowo dalam rilis di Mapolres Jakarta Utara, Jumat (14/1/2022).

Kombes Wibowo mengatakan, dari 14 pelaku, terdapat 8 orang yang terindikasi mengonsumsi narkoba. Kemudian, dari 6 orang pelaku utama, kata dia, 2 di antaranya masih di bawah umur. Keenam pelaku tersebut telah langsung ditahan.

“Sementara untuk 8 orang lainnya tidak dilakukan penahanan,” kata dia.

Adapun 6 orang pelaku utama dikenai Pasal 170 KUHP dan Pasal 363 KUHP karena berkaitan dengan hilangnya barang milik korban, yakni ponsel.

“Yang 6 pelaku ini sudah kami tahan dan dikenakan Pasal 170 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara,” kata dia.

“Karena bersama-sama melakukan kekerasan dengan mengakibatkan luka berat, jadi wajib kami tahan,” lanjut Kombes Wibowo.

Sementara 8 orang yang tidak ditahan dikenai Pasal 221 KUHP karena membantu pelarian 6 pelaku utama.

Mereka tidak ditahan karena ancaman hukumannya hanya 9 bulan penjara.

“Ini spontan saja (aksi pengeroyokan ke anggota polisi). Mungkin mereka anggap anggota kami ini kawan korban. Semuanya karena spontan,” ucap Kombes Wibowo.

Diberitakan sebelumnya, seorang polisi dikeroyok segerombolan orang tak dikenal saat hendak melerai pengeroyokan yang menimpa seorang warga di Jalan Ende, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Berdasarkan video amatir yang diunggah di akun Instagram cetul222, kejadian tersebut terjadi pada 1 Januari 2022 pukul 16.30 WIB. Polisi yang dikeroyok itu merupakan anggota Subdit Patroli Air Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri Bripda Rio Novemberyanto Rajagukguk.

Berdasarkan keterangan dalam akun tersebut, saat kejadian, yang bersangkutan sedang makan di warteg bersama seorang rekannya. Namun, tiba-tiba muncul segerombolan pengendara kendaraan bermotor yang mengeroyok seorang warga bernama Ari Alpiansyah.

“Bripda Rio melihat dan berusaha melerai pengeroyokan, tetapi segerombolan orang tidam dikenal balik mengeroyok Bripda Rio,” demikian informasi dalam akun cetul222.

2. POLRES METRO JAKARTA UTARA

Polres Metro Jakarta Utara Tangkap Polisi Gadungan Pelaku Penipuan Bermodus Lelang Mobil

Published

on

By

Selasa, 16 Agustus 2022 07:30 WIB

TBNews PMJ – Polres Metro Jakarta Utara menangkap seorang polisi gadungan yang menipu korbannya hingga Rp 506 juta. Pelaku berinisial IB, 30 tahun, dalam melancarkan aksinya mengaku sebagai polisi patroli pengawal di sebuah kementerian dan menawarkan korbannya untuk membeli mobil yang sedang di lelang di kantor kementerian .

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Febri Isman Jaya mengungkapkan korban IS, 37 tahun tertipu karena pelaku mengaku bahwa kantornya sedang mengadakan lelang mobil. IS tertipu hingga mau mengeluarkan uang hingga ratusan juta tersebut.

“Katanya tersangka ini kerja di salah satu kementerian sebagai pengawal. Oleh pelaku dibilang di kantornya mau ada lelang mobil ada Alphard ada Toyota Inova. Terus korban ini tertarik dan nyerahkan uang Rp 506 juta kepada tersangka,” kata AKBP Febri kepada wartawan, Senin 15 Agustus 2022.

AKBP Febri menceritakan bahwa pelaku dan korban berkenalan sejak April 2022. Mereka bertemu di sebuah acara festival motor. Pelaku yang selalu mengenakan atribut polisi untuk meyakinkan korban dengan memakai pangkat Brigadir Kepala (Bripka).

“Jadi dia kalau ketemu korban pakai atribut polisi. Dia pakai jaket polisi, dia pakai helm polisi. Atribut polisi dipakai sama dia. Pangkatnya Bripka,” kata AKBP Febri.

Karena terperdaya dengan modus pelaku, korban pun tertarik mengikuti lelang mobil yang ditawarkan pelaku. Korban lalu mengirimkan uang sebesar Rp 506 juta kepada pelaku. Namun rupanya lelang mobil itu hanya bualan belaka. Sadar sudah ditipu, korban pun melaporkan ke Polres Metro Jakarta Utara pada 26 April 2022 lalu.

“Kami amankan dia memang bukan polisi, ngaku-ngaku polisi aja. Duitnya itu sudah dipake foya-foya sama dia,” jelas AKBP Febri.

Beberapa barang bukti pun berhasil disita dari penangkapan pelaku. Barang bukti itu mulai dari atribut polisi hingga senjata airsoftgun.

“Dia pake airsoftgun. Dia ngakunya beli di luar ya. Masih kami dalami,” kata AKBP Febri.

Pelaku saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka atas pelanggaran di Pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Pelaku saat ini ditahan di Polres Metro Jakarta Utara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Continue Reading

2. POLRES METRO JAKARTA UTARA

Pelaku Curanmor Ditangkap Polsek Cilincing Saat Sedang Menstut Sepeda Motor Curian

Published

on

By

Senin, 15 Agustus 2022 09:00 WIB

TBNews PMJ – Pencurian sepeda motor di Cilincing, Jakarta Utara, terungkap lantaran pelaku tepergok polisi sedang menstut (didorong menggunakan kaki) sepeda motor di jalan raya.

Kanit Reskrim Polsek Cilincing AKP Alex Chandra menceritakan, pada Jumat (12/8/2022) dini hari, saat sedang berpatroli di Jalan Kebantenan V, Semper Timur, Cilincing, polisi melihat tiga pemuda sedang melakukan stut pada motor Honda Vario yang tidak bertenaga.

“Ada 3 orang laki-laki mengendarai 3 motor yang berjalan beriringan sembari stut salah satu motor,” kata AKP Alex dalam keterangannya, Sabtu (13/8/2022).

Saat polisi menghampiri ketiga pemuda tersebut, kedua pemuda yang mengendarai motor yang bertenaga pun langsung menancap gas dan meninggalkan pengendara motor Vario yang tidak bertenaga.

“Namun, dua orang pelaku langsung melarikan diri dan pelaku A tertinggal di lokasi karena motor Honda Vario R 6738 V yang dibawanya tidak dalam keadaan hidup dan tidak ada kunci kontaknya,” jelas AKP Alex.

Saat diinterogasi, A pun mengaku bahwa motor tersebut baru saja dia curi bersama kedua orang yang kabur, Y dan K, di Jalan Kebantenan III, Semper Timur, Cilincing.

Setelah ditelusuri, lanjut AKP Alex, sepeda motor tersebut ternyata memang baru saja dicuri saat diparkir tanpa kunci ganda.

“Atas terjadinya perkara tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp 22 juta,” kata AKP Alex.

Selanjutnya, korban melaporkan peristiwa tersebut dan Polsek Cilincing langsung melakukan pengusutan lebih lanjut.

Continue Reading

2. POLRES METRO JAKARTA UTARA

Polsek Penjaringan Tetapkan Lansia Pembakar Rumah Tetangga Tersangka dan Ditahan

Published

on

By

Senin, 8 Agustus 2022 08:35 WIB
TBNews PMJ – Polsek Penjaringan menetapkan seorang lansia berinisial HA (60 tahun) lantaran nekat membekar rumah tetangganya di kawasan Jalan Rawa Bebek, Penjaringan, Jakarta Utara. Saat ini, polisi telah mengamankan dan menetapkannya sebagai tersangka.

“Sudah (ditetapkan sebagai tersangka) dan dilakukan penahanan di Polsek Penjaringan,” ujar Kapolsek Penjaringan, Kompol Ratna Quratul Aini pada wartawan, Minggu (7/8/2022).

Menurut Kompol Ratna, lansia itu terancam pasal 187 KUHP yang isinya tentang seseorang dengan sengaja membakar, menjadikan letusan atau mengakibatkan kebanjiran. Adapun ancaman hukumannya 12 tahun penjara hingga maksimal bisa sampai seumur hidup.

Kompol Ratna menerangkan, lansia itu diamankan lantaran kedapatan kamera CCTV membakar handuk yang telah dilumuri bensin di depan jendela rumah tetangganya. Usai itu, HA kabur saat api mulai berkobar, sedangkan pemilik rumah keluar hingga akhirnya api berhasil dipadamkan sebelum merembet lebih besar.

Aksi yang dilakukan HA pada Kamis, 4 Agustus 2022 kemarin itu lantas viral di media sosial. Kepada polisi usai diamankan, lansia itu mengaku kesal pada tetangganya karena kerap terlibat cekcok dengan istrinya.

“Ada kesalahpahaman dan ketidaksukaan pelaku terhadap korban yang juga tetangganya, istrinya pelaku cekcok dengan tetangganya,” kata Kompol Ratna.

 

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News