Connect with us

5. POLRES METRO JAKARTA TIMUR

Polres Metro Jakarta Timur Tangkap Lima Orang Terkait Surat Keterangan Swab PCR Palsu

Published

on

TribrataNews PMJ – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Timur menangkap lima orang terkait kasus surat tes PCR palsu.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan kelima orang tersebut ditangkap pada Rabu (18/7/2021) lalu di Bandara Halim Perdana Kusuma, sekira pukul 12.00 WIB.

“Ada laporan masyarakat bahwa ada kecurigaan pemalsuan surat PCR dengan hasil negatif yang dilakukan oleh beberapa orang dan digunakan oleh salah satu penumpang yang berangkat menggunakan pesawat terbang,” kata Kombes Erwin Kurniawan di Jakarta, Jumat (23/7/2021).

Kombes Erwin Kurniawan menambahkan kelima orang yang ditangkap tersebut berinisial DDS, dan KA yang merupakan calon penumpang pemesan surat keterangan hasil negatif PCR palsu.

“Selanjutnya tiga orang dengan inisial DI, MR, dan MG yang melakukan pembuatan soft copy, mencetak surat PCR palsu dengan perannya masing-masing,” ujar Kapolres.

Kapolres mengatakan bahwa dari penangkapan tersebut juga turut diamankan sejumlah barang bukti seperti laptop, printer, CPU, uang tunai sebesar Rp600.000, dan contoh surat hasil negatif PCR palsu.

Atas perbuatan tersebut kelimanya disangkakan Pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal enam tahun, kemudian Pasal 268 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal empat tahun.

Selanjutnya Pasal 14 Ayat 1 UU No. 4 tahun 1984 dengan ancaman pidana penjara paling lama satu tahun dan/atau denda Rp1.000.000, serta Pasal 9 Ayat 1 UU No. 6 tahun 2018 dengan ancaman pidana penjara paling lama satu tahun.

5. POLRES METRO JAKARTA TIMUR

Asyik Gunakan Ganja dalam Angkot di Terminal Rawamangun, Dua Sopir Diringkus Polsek Matraman

Published

on

By

Kamis, 16 September 2021

TribrataNews PMJ – Jajaran Unit Reskrim Polsek Matraman, Polres Metro Jakarta Timur, meringkus tiga orang penyalahguna narkoba jenis ganja di Terminal Rawamangun, Kamis (16/9/2021) pagi.

Kapolsek Matraman Kompol Tedjo Asmoro mengatakan, tiga orang yang dibekuk masing-masing berinisial M dan YS bertindak sebagai pemakai. Sedangkan SM bertindak sebagai bandar ganja.

“Dua orang pemakai merupakan sopir angkot KWK, dua orang ini kita amankan di terminal saat sedang menunggu penumpang,” terang Kapolsek kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Kompol Tedjo menjelaskan, penangkapan ini bermula saat anggota Unit Reskrim mendapatkan informasi terkait transaksi narkoba di Terminal Rawamangun. Setelah mendapat informasi anggota menyamar menjadi penumpang angkot, lalu mendapati M dan YS tengah asyik menghisap ganja.

“Keduanya mengaku mendapat ganja dari seorang bandar di Bekasi. Dari situ langsung kita lakukan penyelidikan lanjutan,” ujarnya.

“Sang bandar berinisial SM ditangkap di wilayah Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi dengan barang bukti sekitar satu kilogram ganja siap edar yang sudah dikemas dalam berbagai paket,” jelas Kapolsek.

Atas perbuatannya, kini tiga orang telah ditetapkan sebagai tersangka penyalahguna narkoba Undang-undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Disangkakan pasal 111 UU Nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara. Untuk bandarnya masih kita periksa di mana dia menjual paket dan dari mana dia mendapat,” tuturnya.

Continue Reading

2. POLRES METRO JAKARTA UTARA

Polres Metro Jakarta Timur dan Jakarta Utara Bubarkan Kerumunan Pedagang yang Melanggar Jam Operasional PPKM Level 3

Published

on

By

Kamis, 16 September 2021

TribrataNews PMJ – Jajaran Polres Metro Jakarta Timur membubarkan kerumunan masyarakat dan pedagang yang masih berjualan di sepanjang Banjir Kanal Timur (BKT) Cipinang Indah, Duren Sawit, Rabu (15/9/2021) malam. Pedagang dibubarkan karena masih nekat berjualan melampaui jam operasional yang ditentukan sesuai Prokes selama PPKM Level 3.

Pembubaran kerumunan dilakukan, antara lain di Bali Mester Jatinegara dan sepanjang BKT Cipinang Indah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Jajaran Polres Metro Jakarta Timur bersama Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja menggelar kegiatan itu yang dilanjutkan dengan sosialisasi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan,  membatasi mobilisasi, serta interaksi.

Antisipasi kerumunan juga dilakukan jajaran Polres Metro Jakarta Utara yang digelar di sekitar Danau Sunter, sekaligus mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Tak lupa, jajaran Polres Metro Jakarta Utara berpatroli menyosialisasikan imbauan kepada masyarakat untuk menaati prokes 5M yang dianjurkan pemerintah untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Keputusan Gubernur terbaru mengenai penerapan PPKM level 3.

Keputusan Gubernur Bernomor 1096 Tahun 2021 itu berisi tentang aturan dan pelonggaran selama PPKM level 3 yang dimulai 14-20 September 2021.

Untuk sektor kuliner, seperti warung makan warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya dibatasi jam operasionalnya sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Jumlah pengunjung turut dibatasi, yakni maksimal pengunjung makan di tempat tiga orang dan waktu makan maksimal 60 menit dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

Continue Reading

5. POLRES METRO JAKARTA TIMUR

HUT Polwan ke-73 Tahun, Polwan Polres Metro Jakarta Timur Bagikan Makan dan Masker ke Warga

Published

on

By

Kamis, 2 September 2021

TribrataNews PMJ — Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan ke-73 tahun, Polisi Wanita (Polwan) Polres Metro Jakarta Timur membagikan makan siang untuk warga. Pembagian makanan untuk hari ini berlangsung di Utan Kayu Raya, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Kamis (2/9/2021)

Terlihat puluhan Polwan itu membawa plastik berisi bungkusan makanan. Selain itu juga membawa masker dan air mineral yang ikut dibagikan kepada warga sekitar.

Kasubag Ren Polres Metro Jakarta Timur, AKBP N Aniek mengatakan, pembagian makanan itu ditujukan untuk manusia gerobak, ojol, dan warga lainnya.

“Ada sekira 1.500 nasi boks kita bagikan, juga ada masker dan air mineral,” ucapnya.

Rencananya kegiatan pembagian makanan itu bakal dilakukan sampai 14 September 2021.

Namun, untuk wilayah pembagiannya dilakukan di tempat yang berbeda-beda. Jadi tak hanya pada satu lokasi saja.

Untuk hari ini, Polwan Polres Metro Jakarta Timur menyasar wilayah Utan Kayu Raya, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

“Kita menyasar juga ke slum area (area kumuh) untuk membagikan makanan ini,” terangnya.

Dia menambahkan bila pembagian makanan itu sebagai wujud kepedulian Polwan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Sebab, banyak masyarakat yang kesulitan mencari nafkah di tengah pandemi yang hingga kini masih berlangsung.

“Kita akan terus membantu masyarakat yang terdampak Covid-19,” tuturnya

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News