Connect with us

5. POLRES METRO JAKARTA TIMUR

Polres Metro Jakarta Timur Tangkap Buronan Pencuri yang Tembak Korbannya dengan Airsoft Gun di Jatinegara, Ditangkap di Bogor

Published

on

TribrataNews PMJ — Polisi berhasil menangkap RT (24 tahun), pencuri yang menembak korban menggunakan airsoft gun di RT 04/RW 02, Kelurahan Balimester, Jatinegara, Jakarta Timur, pada 18 April 2021 lalu. RT ditangkap jajaran Reskrim Polres Metro Jakarta Timur di daerah Cibinong, Bogor, pada Jumat (18/6/2021), atau setelah buron dua bulan.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, RT melawan saat hendak ditangkap di kediaman neneknya di Cibinong itu.

“Saat akan diamankan, melakukan perlawanan,” kata Kapolres saat menggelar Press Conference di Mapolres Metro Jakarta Timur, Senin (21/6/2021). RT mencoba melawan dengan mengandalkan senjata apinya. Terpaksa, petugas melumpuhkan RT denganb timah panas mengenai betis hingga pincang.

“Yang bersangkutan diduga membawa senjata api yang kami belum tahu, setelah dicek ternyata airsoft gun. Kami khawatir kalau nanti memiliki senjata lain yang ternyata senjata api,” lanjut Kapolres.

Kapolres mengatakan, RT kerap melakukan kejahatan dan modus yang serupa di beberapa wilayah di Jakarta dan Bogor. Pada kasus sebelumnya, RT pernah ditangkap karena kasus pencuri dengan pemberatan dan dihukum satu tahun.

“Tersangka ini baru saja lepas dari tahanan di Bogor. Keluar Agustus 2020, program asimilasi,” tutur Kapolres.

Penelusurun polisi lainnya, RT juga pernah menjambret di daerah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, hingga Jakarta Utara. Berdasarkan penuturannya, RT masing-masing menjambret satu kali di tiga wilayah tersebut.

Saat ini Polisi masih menyelidiki sumber airsoft gun yang digunakan RT. Berdasarkan keterangan RT, airsoft gun itu dibelinya secara daring atau online.

“Dari hasil penyelidikan, tersangka membeli senjata api jenis airsoft gun ini dari online dengan harga Rp 2 juta,” kata Erwin. Polisi masih melakukan pendalaman terkait lokasi penjualan airsoft gun yang digunakan RT.

“Karena online kami akan perlu waktu untuk bekerja sama tentang kegiatan jual beli ini, memang ini akan kami tindaklanjuti kemudian,” ujar Kapolres.

Sementara, Kapolsek Metro Jatinegara, Kompol Yusuf Suhadma mengatakan RT menyasar salah satu rumah di Bali Mester, Jatinegara, pada 18 April 2021. Saat melancarkan aksinya, RT datang mengendarai motor Yamaha Mio B 3678 TGL, kemudian memaksa masuk ke dalam rumah usai mengaku sebagai polisi.

“Pemilik rumah saat itu berada di rumah. Kemudian mendengar suara orang mengetuk pagar rumah dan mengaku sebagai polisi dan hendak memeriksa isi rumah,” kata Kompol Yusuf Suhadma.

Merasa curiga, pemilik rumah tak membuka pagar, tetapi pelaku memaksa masuk dan menembak menggunakan airsoft gun. Sambil berteriak, pelaku meminta ponsel yang tergeletak di atas meja.

Mengetahui ada yang tak beres di rumah, sopir pemilik rumah berinisial S, segera berusaha menangkap pelaku. Terlibat perkelahian, S terkena tembakan di bagian kening.

“Jadi saksi II (S) dan pelaku guling-gulingan. Bagian kening saksi II terluka dan menjalani perawatan di RSCM (Jakarta Pusat). Sementara pelaku berhasil kabur ke arah Jatinegara Timur,” ujar Kompol Yusuf saat itu.

Atas perbuatannya, RT dijerat Pasal 365 Ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.

 

5. POLRES METRO JAKARTA TIMUR

Polres Metro Jakarta Timur Bekuk 4 Pelaku Curanmor

Published

on

By

Selasa, 19 Oktober 2021 19:07 WIB

TribrataNews PMJ — Jajaran Polres Metro Jakarta Timur meringkus empat anggota komplotan pencuri sepeda motor (curanmor) yang kerap beraksi di kawasan Jakarta Timur. Atas perbuatannya saat ini empat pelaku harus mendekam di tahanan Mapolres Metro Jakarta Timur.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, empat pelaku setiap melancarkan aksinya selalu mengincar motor yang terparkir di halaman rumah maupun pertokoan. Tentunya, tanpa ada pengawasan dan keamanan yang minim di sekitar tempat beraksi.

“Mereka sering melakukan aksi pencurian. Mereka juga dikenal lihai saat beraksi mencuri motor korban,” ujarnya saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (19/10/2021).

Dalam menjalankan aksinya, kawanan spesial maling motor ini membagi tugas. Ada yang bertindak sebagai eksekutor. Bermodal kunci T seorang eksekutor harus cepat saat membobol kunci kontak motor incarannya.

Sementara itu, pelaku lainnya menjelaskan kondisi sekitar atau perhatian agar tidak menggambarkan. “Kita amankan dari tangan pelaku kunci T, dua unit sepada motor dan STNK. Lokasi yang sudah didatangi pelaku selain di Pulogadung juga ada beberapa TKP berkembang di wilayah Cakung,” tulisnya.

demikian, kata Kombes Erwin, masih mencari seorang pelaku lagi yang masih buron. Para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian Disertai Pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Continue Reading

5. POLRES METRO JAKARTA TIMUR

Polres Metro Jakarta Timur Tangkap 2 Pengeroyok Pria yang Tewas di Gunung Antang, Matraman

Published

on

By

Minggu, 17 Oktober 2021 22:37 WIB

TribrataNews PMJ – Kepolisian Polres Metro Jakarta Timur menyebutkan, seorang pria yang ditemukan tewas di daerah Gunung Antang, Matraman, Jakarta Timur, Minggu (17/10/2021) pagi, merupakan korban pengeroyokan.

“Sudah ditangkap dua orang (pengeroyok), yang lain dalam pengejaran,” kata Kapolres Jakarta Timur, Komisaris Besar Erwin Kurniawan, Minggu (17/10/2021).

Kombes Erwin mengemukakan, informasi lebih lengkap terkait kasus itu akan disampaikan pada Senin besok.

Jenazah seorang pria ditemukan di Gunung Antang yang selama ini dikenal sebagai kawasan lokalisasi pembohong di Matraman pada Minggu pagi tadi.

Warga setempat, Rosid mengatakan, jenazah itu ditemukan dengan jumlah luka. “Mungkin kena bakar, makanya banyak luka,” kata Rosid.

Rosid menduga, pria itu menjadi korban pengeroyokan, terkait praktik prostitusi di Gunung Antang. “Gara-garanya main perempuan, tapi enggak bayar, dikeroyok,” kata Rosid.

Continue Reading

5. POLRES METRO JAKARTA TIMUR

Polisi Temukan Sabu Saat Tangkap Penjambret di Pulogadung

Published

on

By

Jumat, 1 Oktober 2021 17:21 WIB

TribrataNews PMJ – Jajaran Polres Metro Jakarta Timur meringkus DAS pelaku jambret yang menewaskan penumpang ojek online (ojol) bernama Risty (26 tahun) di Jalan Kayu Putih Raya, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, pada Minggu 26 September 2021. Saat pemeriksaan petugas, DAS kedapatan memiliki narkotika jenis sabu.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, saat ditangkap polisi menemukan, sabu, satu unit sepeda motor, dan sejumlah uang yang diduga hasil kejahatan.

“Selain barang hasil kejahatan kami temukan juga narkoba jenis sabu,” ujarnya di Mapolrestro Jakarta Timur, Jumat (1/10/2021).

Dari hasil temuan tersebut, pihaknya akan menyelidiki narkoba milik pelaku yang ditemukan dikediamannya. Kendati demikian, Kapolres tak merinci ihwal apakah DAS yang terpengaruh barang haram tersebut saat melakukan aksinya.

“Kami lihat dulu untuk memastikannya, belum dilakukan pengecekan urine karena pelaku baru ditangkap pagi tadi,” ucap Kapolres.

Sebelumnya, aksi penjambretan di Jalan Kayu Putih Raya, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, pada Minggu 26 September 2021 sekitar pukul 04.00 WIB menewaskan seorang perempuan bernama Risty (26) asal Aceh.

Kanit Reskrim Polsek Pulogadung, AKP Heru Sugianto mengatakan, aksi penjambretan yang menewaskan Risty bermula saat korban menumpang ojek online.

“Dari keterangan driver ojek online korban sedang memainkan ponsel,” ujar Kapolres kepada wartawan.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News