Connect with us

4. POLRES METRO JAKARTA SELATAN

Polres Metro Jakarta Selatan Bekuk Tiga Pencuri Modus Pecah Kaca Kendaraan

Published

on

Selasa, 22 November 2022 08:30 WIB

TBNews PMJ – Polres Metro Jakarta Selatan membekuk terduga komplotan pencuri dengan modus operandi memecahkan kaca mobil pada Jumat (18/11/2022) di dua tempat berbeda Ibu Kota.

“Ada empat lokasi dan empat laporan polisi, kelompok pelaku dengan modus operandi pecah kaca kendaraan,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus di Jakarta, Senin

Kompol Irwandhy menjelaskan kejahatan dilakukan oleh tiga orang dan pelaku memecahkan kaca kendaraan dengan menggunakan pecahan busi.

Ketiga pelaku dengan inisial B, SN dan FS.

Ketiganya, jelas Kompol Irwandhy melakukan kejahatan di empat lokasi berbeda di Jakarta Selatan yaitu, Jalan Kebagusan Raya, Jalan Gunung Raya Pasar Minggu, Jalan Cikoko Timur dan Jalan Prapanca.

“Aksinya sudah dua tahun terakhir,” katanya.

Mereka ditangkap petugas di dua tempat berbeda pada Jumat (18/11/2022) pekan lalu yakni Kecamatan Cipayung Jakarta Timur dan Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Kompol Irwandhy, busi kendaraan ini disiapkan oleh pelaku, dipecahkan dan ditampung dalam sebuah kotak, kemudian pada saat pelaku sudah menentukan targetnya, barulah kemudian dieksekusi, pelaku dengan cara memecahkan kaca.

“Para pelaku ini berangkat dari rumahnya itu sudah mengantongi niatnya,” kata Kompol Irwandhy.

Oleh karena itu, Kompol Irwandhy juga meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati jika harus menyimpan barang berharga di kendaraan, jangan sampai menjadi korban.

Lebih lanjut Kompol Irwandhy menyampaikan kemungkinan pengembangan kasus atas tempat kejadian perkara (TKP) lain sebagai wujud komitmen kepolisian untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Apalagi kata dia, menjelang akhir tahun marak kejahatan yang tergolong kejahatan jalanan (street crime).

Ketiga pelaku terancam dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

4. POLRES METRO JAKARTA SELATAN

Polsek Jagakarsa Kumpulkan 75 Kepala Sekolah Komitmen Cegah Tawuran

Published

on

By

Jumat, 9 Desember 2022 08:05 WIB

TBNews PMJ – Polsek Jagakarsa mengumpulkan 75 orang kepala sekolah SMP, SMA/SMK baik negeri maupun swasta seluruh Kecamatan Jagakarsa. Para kepala sekolah dikumpulkan untuk menyatakan komitmen mencegah tawuran dan kenakalan remaja.

Sebagai wujud komitmen tersebut, Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra mengajak para kepala sekolah, unsur kecamatan, Polsek, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) hingga Koramil membuat grup percakapan (WA) untuk memudahkan menjalin komunikasi.

“Grup WA merupakan inisiasi dari para kepala sekolah karena kenakalan remaja adalah tanggung jawab kita bersama,” kata Kompol Multazam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Kompol Multazam mengimbau sekolah untuk mendata para pelajar yang terindikasi dan pernah melakukan tawuran agar saat melakukan patroli remaja yang nongkrong dapat segera diketahui. Selain itu dia juga berpesan kepada sekolah untuk tidak memberikan ruang kepada para alumni membagikan pesan negatif kepada adik kelasnya dan mendata mereka yang suka nongkrong di area sekolah.

Meskipun sanksi yang dijatuhkan kepada pelajar yang ikut tawuran cukup berat seperti penarikan Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau dikeluarkan, Multazam meminta kerja sama pihak terkait untuk mencegah terjadinya tawuran.

“Putus sekolah hanya akan menjadi beban keluarga dan masyarakat, lebih baik kita mencegah mereka terlibat dan terjadi tawuran,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Pendidikan Jagakarsa, Sriyadi, mengapresiasi komitmen polisi untuk mencegah terjadinya aksi tawuran antar pelajar “Paling diutamakan adalah komitmen bersama para kepala sekolah seluruh Jagakarsauntuk mencegah tawuran,” ucapnya.

Sriyadi juga mengimbau agar para pihak terkait dapat memanfaatkan grup WA sebagai jaringan komunikasi untuk memudahkan koordinasi secara fleksibel mencegah tawuran dari hulu ke hilir secara 24 jam.

Continue Reading

4. POLRES METRO JAKARTA SELATAN

Polsek Jagakarsa Ajak Siswa SMA Cegah Paham Radikal

Published

on

By

Jumat, 9 Desember 2022 07:25 WIB

TBNews PMJ – Jajaran Polsek Jagakarsa Polres Metro Jakarta Selatan mengajak siswa SMA untuk mencegah paham radikal di lingkungannya dengan mengedepankan toleransi dan menghargai keberagaman.

“Kami menyampaikan pentingnya toleransi dan menghargai keberagaman yang bisa menjadi kekayaan di lingkungan sekolah,” kata Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra saat membuka pekan olahraga SMAN 49, di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Kompol Multazam menuturkan kepada 617 siswa yang hadir untuk lebih memahami paham radikalisme dan terorisme lantaran hanya menyebarkan ketakutan serta kesalahpahaman.

Ia menambahkan siswa juga menghindari melakukan kekerasan verbal maupun fisik untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah.

Menurut dia, dengan terciptanya keamanan dan ketertiban maka guru, karyawan, dan siswa akan lebih produktif selama proses belajar mengajar.

“Masa depan anak-anak ini masih panjang, maka lebih baik menghabiskan waktu dengan belajar dan jangan sampai terlibat tawuran, penindasan (bullying), hingga narkoba,” tambahnya.

Terlebih, Kompol Multazam menyebutkan siswa yang terlibat tawuran bisa dikenakan pidana pasal 170, 351 KUHP atau UU darurat No 1 tahun 1950 dengan ancaman kurungan yang cukup lama dan berdampak bagi masa depan.

Kepala Sekolah SMAN 49 Siswanto merasa berterima kasih dengan kehadiran Polsek Jagakarsa yang sudah mengingatkan para siswanya untuk tidak terlibat tindakan kriminal.

“Jangan sampai setelah Kapolsek datang ada siswa yang tertangkap karena tawuran, sanksi cukup berat bisa dicabut Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau dikeluarkan dari sekolah,” tegas Siswanto.

Dalam kesempatan sama, Polsek Jagakarsa mengajak siswa untuk tidak keluyuran malam hari, nongkrong di jalanan, terlibat balapan liar, dan membawa senjata tajam saat bepergian menjelang libur Natal dan tahun baru.

Jika warga menemukan bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat bisa menghubungi call center 110, nomor Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra 0812 2117 7447, dan hotline +62 8111 286 813.

Continue Reading

4. POLRES METRO JAKARTA SELATAN

Polres Metro Jakarta Selatan Kunjungi Gereja Untuk Ciptakan Pengamanan Lebih Baik

Published

on

By

Kamis, 8 Desember 2022 15:00 WIB

TBNews PMJ – Polres Metro Jakarta Selatan melakukan kunjungan ke sejumlah gereja untuk menciptakan sistem pengamanan yang lebih baik lagi menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2023.

“Kami bersilaturahmi melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak gereja untuk menciptakan sistem pengamanan yang lebih baik lagi,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Selain telah melakukan kunjungan ke sejumlah gereja di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Selatan, pihaknya juga membangun kerja sama antara Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dengan para pengurus gereja.

Kombes Ade Ary menegaskan bahwa Polres Metro Jakarta Selatan siap membantu apabila pihak gereja membutuhkan pengamanan saat perayaan Natal dan tahun baru.

“Silahkan nanti komunikasi dengan petugas kami di lapangan. Kami siap mengamankan kegiatan saudara kami,” kata Kombes Ade Ary.

Terkait keamanan di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade memastikan bahwa sampai saat ini Jakarta Selatan dalam keadaan aman terkendali.

Pihaknya terus melakukan kerja sama dengan seluruh pihak terkait dan perangkat sosial, mulai dari RT hingga RW untuk menciptakan sistem keamanan yang lebih baik.

Ade juga memberikan nomor telepon seluler pribadinya untuk bisa dihubungi manakala masyarakat membutuhkan pelayanan untuk memelihara keamanan dan ketertiban di wilayahnya.

Selain itu, Kombes Ade menjelaskan mengenai nomor aduan gratis yang telah disiapkan Kapolri dan Kapolda bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi

“Bapak Kapolri dan Kapolda Metro Jaya juga sudah menyiapkan sarana pengaduan gratis 110. Silahkan apabila masyarakat membutuhkan bantuan polisi bisa menghubungi nomor tersebut,” kata Kombes Ade.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News