Connect with us

21. DITLANTAS

Polda Metro Tegaskan ‘Stut Motor’ Tak Akan Ditilang: Malah Harus Dibantu

Published

on

TBNews PMJ -Polda Metro Jaya meluruskan isu yang beredar dengan nararsi ‘stut motor bisa ditilang’. Polda Metro Jaya menegaskan pihaknya tidak akan menilang warga yang stut motor, malah polisi wajib membantunya.

“Nggak ada (tilang),” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Brigjen Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Senin (11/7/2022).

Sambodo mengatakan stut motor menandakan seorang pengendara tengah mengalami masalah pada kendaraannya. Polisi, kata Sambodo, seharusnya memberikan pertolongan bukan penilangan.

“Stut motor terjadi karena ada motor yang mogok atau habis bensin. Berarti masyarakat sedang dalam kesulitan, seharusnya polisi menolong, bukan menilang,” ucap Sambodo.

Sambodo menegaskan bahwa Ditlantas Polda Metro Jaya tidak akan pernah mengeluarkan sanksi tilang kepada pemotor yang tengah melakukan stut kendaraan.

“Jadi Ditlantas Polda Metro Jaya tidak akan menilang yang setut motor, malah sebaliknya harus ditolong,” tutur Sambodo.

Narasi ‘stut motor bisa ditilang’ beredar di media sosial. Dalam sebuah unggahan di media sosial itu, disebutkan ‘stut motor’ melanggar aturan dan bisa ditilang dengan denda maksimal Rp 250 ribu.

Isu ini bermula dari sebuah pemberitaan yang mengutip pemerhati lalu lintas, yang menjelaskan soal stut motor tidak diperbolehkan. Stut artinya mendorong motor dengan kaki dengan bantuan motor lainnya.

Pemerhati lalu lintas itu menyebutkan bahwa para pengendara yang melakukan stut motor bisa dikenai sanksi tilang sebesar Rp 250 ribu. Pemerhati itu mengacu pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

21. DITLANTAS

Rayakan Anniversary Street Race, Kapolda Metro : Kurangi Balap Liar Dan Blokir Jalan Raya

Published

on

By

TBNews PMJ – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si membuka gelaran Street Race yang kelima sekaligus merayakan first anniversary Street race Polda Metro Jaya. Tujuan dari street race ini adalah untuk menyalurkan energi anak muda yang hobi kecepatan, Sabtu (28/1/2023).

Fadil menjelaskan dari street race pertama sampai dengan street race hari ini terjadi peningkatan jumlah peserta sekaligus perbaikan penyelenggaraan awalnya hanya sekitar 365 peserta, sekarang peserta menjadi 1.200, tadinya hanya 5 kelas, 8 kelas sekarang menjadi 30 kelas.

Fadil Juga berpesan agar balap liar di DKI Jakarta bisa dikurangi.

“Semoga dapat disuarakan stop trek-trekan dan blokir jalan umum, agar tak ada lagi balapan liar yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya”, kata Fadil, Sabtu, (28/01/2023).

Fadil berharap ke depannya ada lintasan khusus untuk balapan, bukan hanya aman tapi bisa juga menjadi sebuah ekosistem yang lebih kompleks untuk pengembangan-pengembangan ekonomi kreatif kemudian atmosfer balapan drag race.

Untuk menyediakan fasilitas tersebut, tutur Kapolda, perlu kolaborasi antar pihak. Lokasi balapan yang tepat juga harus ditentukan.

“Teman-teman pencinta kecepatan bukan butuh event semata, melainkan teman-teman butuh fasilitas penunjang,” ucap Fadil.

Perhelatan 1st Anniversary Street Race Polda Metro Jaya mengangkat tema ‘Mencari Prestasi Bukan Sensasi’. Sejak pagi, kawasan balap ini mulai dipenuhi tenda. Hujan deras membuat para pencinta kecepatan berdiri dan memarkir kendaraan mereka.

Fadil dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membuka acara tersebut dengan mengibarkan bendera bermotif kotak hitam putih. Mereka kemudian melakukan uji coba lintasan balap.
Heru Budi dan Fadil menunggangi motor Kawasaki dan melaju di lintasan balap sepanjang 500 meter itu. Lintasan inilah yang akan menjadi arena pertarungan 1.200 pembalap.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Polda Metro Jaya Sterilkan Sudirman-Thamrin pada Malam Tahun Baru 2023

Published

on

By

Kamis, 29 Desember 2022 07:55 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya  melakukan sterilisasi Jalan Sudirman-Thamrin dengan melaksanakan malam bebas kendaraan bermotor (car free night) pada malam Tahun Baru 2023, Sabtu (31/12/2022).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menerangkan, penutupan dan sterilisasi dimulai pukul 18.00 WIB.

“Mulai kita tutup jam 18.00 WIB, nanti kita tutup total pukul 20.00 WIB,” kata Kombes Latif saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Penutupan Jalan Sudirman-Thamrin dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (1/1/2023) pukul 02.00 WIB. Penutupan dimulai dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Senayan.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan pos untuk penempatan personel dalam rangka mengawal kelancaran arus lalu lintas selama malam Tahun Baru 2023.

“Ada pos dan pengaturan penjagaan di situ, sudah disiapkan,” kata Kombes Latif.

Penutupan jalan itu dilakukan agar masyarakat dapat menikmati suasana kawasan Sudirman-Thamrin saat malam tahun baru yang rencananya menghadirkan delapan panggung hiburan.Dinas Perhubungan DKI Jakarta rencananya melakukan penutupan 22 akses ke Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin pada malam Tahun Baru 2023.

Ke-22 akses ke Jalan Sudirman-Thamrin yang dilakukan penutupan itu adalah di Jalan Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat Kupingan Ahok dan Kupingan Semanggi (Gatsu), Jalan Bendungan Hilir, Jalan KH Mas Mansyur, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5, Kupingan Kolong Sudirman, Kota Bumi dan Jalan Baturaja, Jalan Teluk Betung, Jalan Kebon Kacang, Jalan Sunda dan Simpang Imam Bonjol.

Kemudian di Jalan Sumenep Tosari, Landmark (Indocement), Jalan Setiabudi, Jalan Prof Dr Satrio, Jalan Masjid (Sampoerna), Jalan Garnisun dan Kolong Semanggi, Jalur lambat, Kupingan Ahok dan Kupingan Semanggi (Gatsu), SCBD serta Jalan Tulodong Atas 2 Samping CIMB.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Dirlantas Polda Metro Jaya: Rata-rata 250 Kendaraan Kena Tilang E-TLE Mobile Setiap Hari

Published

on

By

Jumat, 16 Desember 2022 08:05 WIB

TBNews PMJ – Polda Metro Jaya meresmikan tilang dengan teknologi E-TLE Mobile pada 13 Desember 2022 lalu. Dalam sehari, tercatat rata-rata ada 250 kendaraan yang terjaring sistem tilang tersebut.

“Rata-rata per hari, ini kan tergantung jalannya berapa jam jalur mana, kalau sehari bisa mencapai 250 per kendaraan,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, Kamis (15/12/2022).

Menurutnya, dalam 250 kendaraan yang terjaring ETLE per hari ini meliputi roda dua dan roda empat. Latif menjelaskan, paling banyak kendaraan yang terkena ETLE Mobile dengan pelanggaran ganjil genap.

“Pelanggarannya semuanya ada mobil ada motor,” ujarnya.

“Tidak menggunakan helm lawan arus, ada lengkap semuanya, melanggar rambu, sabuk pengaman, ganjil genap. Paling banyak ganjil genap,” ujar Kombes Latif.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya pada 13 Desember 2023 secara resmi meluncurkan 11 kamera ETLE mobile yang terpasang di kendaraan patroli untuk mengawasi dan menindak pelanggar aturan lalu lintas di kawasan yang tidak terpasang kamera ETLE statis.

Polda Metro Jaya telah mengoperasikan 57 titik kamera ETLE statis untuk menindak pengguna jalan pelanggar aturan lalu lintas.

Selanjutnya pada 2023, Ditlantas Polda Metro Jaya menargetkan akan menambah 70 kamera ETLE statis baru.

Pengembangan ETLE di Jakarta adalah sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo agar Korlantas Polri agar mengoptimalkan ETLE statis dan mobile serta mengurangi tilang manual untuk menghindari terjadinya pungutan liar (pungli).

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022 tanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News