Connect with us

21. DITLANTAS

Polda Metro Jaya Sepakati Kawasan Ancol Jadi Lokasi Sirkuit Road Race bagi Pembalap Jalanan di Jakarta

Published

on

Senin, 20 Desember 2021 13:04 WIB

TribrataNews PMJ – Polda Metro Jaya telah sepakat menentukan lokasi sirkuit road race bagi pembalap jalanan di Jakarta. Kawasan Ancol dipilih sebagai lokasi sirkuit.

Kesepakatan ini dicapai setelah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bertemu dengan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo dan Dirut PT Taman Impian Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali. Pertemuan dilaksanakan di Polda Metro Jaya, Senin (20/12/2021)  pagi tadi.

“Hari ini kami dari IMI dan Polda Metro turut mengundang Dirut Ancol untuk sama-sama menemukan tempat untuk menampung kegiatan ini. Akhirnya kami sepakat Ancol menjadi salah satu tempat anak muda menyalurkan hobi balapnya,” kata Bambang di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin.

Bambang Soesatyo menambahkan, kegiatan balapan di kawasan Ancol itu nantinya akan mulai digelar pada bulan Januari 2022. Dia berharap lewat fasilitas ini aksi balap liar yang merugikan masyarakat bisa diminimalisir.

“Mulai 15 Januari kita akan mulai untuk kegiatan pertama road race maupun drag race. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini tingkat balapan yang mengganggu masyarakat tidak ada lagi karena sudah disiapkan jalurnya di Ancol,” terang Bambang.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, fasilitas balap liar di kawasan Ancol diharapkan bisa menumbuhkan roda ekonomi di lokasi. Pihaknya juga akan mengadakan sejumlah kegiatan yang bisa dimanfaatkan masyarakat di lokasi tersebut.

“Jadi mereka nggak hanya balapan dengan sendal jepit tapi dengan sepatu, helm, jaket balap seperti di Moto GP agar keselamatan jadi utama dan ini akan dipinjamkan IMI gratis,” terang Kapolda.

“Ekosistem ini akan berkembang mudah-mudahan Ancol segera bangun ini, karena Formula E kan ada di sana. Nanti kalau sudah ada khusus buat otomotif secara ekonomi akan berkembang,” tambahnya.

Sementara itu, Dirut Ancol Teuku Sahir Syahali menambahkan, pihaknya siap mendukung kegiatan street race yang telah digagas oleh Polda Metro Jaya. Sejumlah persiapan kini terus dimatangkan pihaknya.

“Kami Ancol sangat dukung dan akan support kegiatan 15 Januari besok. Sekarang 20 Desember jadi kita harus kerja keras cepat agar apa yang direncanakan bisa berjalan baik,” katanya.

Sebelumnya diketahui kegiatan balap liar di Jakarta direncanakan akan mendapatkan fasilitas resmi dari pihak Polda Metro Jaya. Sejumlah lokasi kini telah ditetapkan oleh polisi terkait kegiatan tersebut.

“Sudah banyak lokasinya. Ada salah satunya di Kemayoran, di Ancol, ada di BSD, kemudian di PIK 2,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/12/2021) lalu.

Kombes Sambodo mengatakan pihaknya juga telah merancang konsep acara dalam kegiatan balap liar yang nantinya difasilitasi oleh Polda Metro Jaya. Kegiatan itu bisa melibatkan sejumlah hiburan lainnya.

“Bisa saja nanti kemudian konsepnya berkembang menjadi semacam kaya oto bazaar gitu. Jadi ada balapannya, ada pertunjukan, ada bazaar, ada kuliner. Jadi ini besar,” terang Kombes Sambodo.

Selain itu Kombes Sambodo juga mengatakan pihaknya telah membuat wacana perlombaan bagi pembalap liar di Jakarta. Perlombaan itu direncanakan bakal digelar Januari 2022.

“Jadi rencananya ini akan berkelanjutan. Mungkin race-nya per tiga bulan sekali. Tapi nanti di akhir tahun, race keempat itu adalah final dari para juara-juara-juara,” ujar Kombes Sambodo.

21. DITLANTAS

Ditlantas Polda Metro Jaya Akan Sebar 1.000 Polantas Lakukan Pelayanan Police Smart

Published

on

By

Jumat, 9 Desember 2022 14:55 WIB

TBNews PMJ – Ditlantas Polda Metro Jaya akan menyebar sebanyak 1.000 polisi lalu lintas (Polantas) di kelurahan-kelurahan. Sebanyak 1.000 polantas ini akan menjalankan pelayanan Police Smart untuk mengentaskan permasalahan masyarakat di bidang lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, Police Smart ini untuk mengubah mindset, dimana dulunya masyarakat ada masalah datang ke polisi, sekarang sebelum masyarakat ada masalah dan polisi mengetahuinya datang untuk menyelesaikan.

Police Smart mulai dilakukan Jumat malam ini sekira pukul 20.00 WIB akan dilakukan sekaligus dalam rangka HUT ke-73 Polda Metro Jaya. Pihaknya akan fokus menghadapi permasalahan masyarakat di bidang lalu lintas seperti kesulitan membuat SIM dan lainnya,” kata Kombes Latif pada Jumat (9/12/2022).

Kombes Latif mencontohkan, polantas akan memberi tahu masyarakat yang mengalami kesulitan untuk ujian SIM. Petugas yang ditempatkan di kelurahan-kelurahan akan memberi tahu kunci jawaban soal ujian tertulis pembuatan SIM.

“Police Smart juga akan membantu masyarakat yang kesulitan hendak balik nama atau cek fisik kendaraan bermotor milik masyarakat,” ujarnya.

Menurut Kombes Latif, sebanyak 1.000 polantas ini akan ditempatkan di seluruh kelurahan wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Ini dilakukan untuk mengentaskan permasalahan masyarakat di bidang lalu lintas,” ucapnya.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Hari Ini E-TLE Mobile Mulai Tindak Pelanggar Lalu Lintas

Published

on

By

Jumat, 9 Desember 2022 13:50 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya hari ini telah mulai melakukan penindakan dengan menggunakan e-TLE mobile, Jumat (9/12/2022). Sebanyak 11 e-TLE mobile akan menindak setiap pelanggar lalu lintas di jalanan Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, setelah sebelumnya ada larangan tilang manual pihaknya melakukan uji coba pelaksanaan e-TLE mobile. Setelah dilakukan uji coba hari ini mulai diberlakukan penindakan pada para pelanggar.

Sebayak 11 e-TLE mobile tersebut disebar di setiap Polres di Polda Metro Jaya. Masing-masing polres mendapatkan satu e-TLE mobile.

“Ya sudah saat ini (e-TLE mobile), sudah kita mulai, sudah berjalan. 11 ini ada di Jakarta Raya secara keseluruhan di masing-masing Polres 1, Tangsel sudah ada yang akan kita trial dan udah kita laksanakan,” kata Kombes Latif di Polda Metro Jaya, Jumat (9/12/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, sebelum pelaksanaan dilakukan uji coba. Hasilnya tergolong baik dan dapat merekam pengendara yang melanggar.

“Ini kan sudah menggunakan AI soalnya, jadi secara otomatis langsung akan merekam pelanggar-pelanggar tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya, dari hasil uji coba pelanggaran banyak merekam pelanggar yang tidak menggunakan helm, dan sejumlah pelanggaran lainnya.

“Tidak menggunakan helm, boncengan lebih dari tiga, sabuk pengaman, menggunakan HP, melanggar rambu, melawan arus lalu lintas,” pungkasnya.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Meski Ditiadakan Tilang Manual, Ditlantas Polda Metro Jaya Tetap Siagakan Polisi di Jalan

Published

on

By

Senin, 21 November 2022 09:20 WIB

TBNews PMJ – Pasca ditiadakannya tiang manual, fenomena masyarakat yang dengan sengaja melanggar lalu lintas banyak ditemukan. Pasalnya, saat ini polisi mengganti penindakan hukum di jalan raya menggunakan sistem tilang elektronik (e-TLE).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, penghilangan tilang manual tidak berarti pengendara bebas untuk melakukan pelanggaran di jalan.

“Kami melakukan tilang elektronik bukan untuk sebanyak-banyaknya menilang, tapi kita memberikan pesan bahwa kamu sebenarnya harus hati-hati,” kata Kombes Latif kepada wartawan, Sabtu (19/11/2022).

Menurut Kombes Latif, anggota lalu lintas tetap akan berjaga di lapangan meski tilang manual telah dihilangkan. Ia pun tidak segan untuk tetap menilang pengendara yang berpotensi menyebabkan kecelakan fasilitas hingga yang terindikasi adanya pidana, salah satunya dengan menggunakan plat nomor palsu.

“Dalam artian mereka sudah memulai bagaimana biar tidak terkena e-TLE, seperti yang dia asal nempel (pelat) dan ini kan namanya pemalsuan. Nah ini yang pidana. Ini yang bisa kita lakukan penilangan secara manual,” tutur Kombes Latif.

Ia pun menjelaskan, polisi masih bisa melakukan penindakan dsri teguran hingga penilanga. “Kalau masih sewajarnya akan dilakukan penindakan edukasi, teguran. Tapi kalau sudah mengarah ke pidana, mengarah ke potensi laka lantas, itu bisa kita tilang (manual),” tambahnya.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News