“Inilah wujud polisi melayani, saya ingin memberikan contoh apa itu melayani, melayani itu ya seperti ini, turun, lalu memberikan layanan kepada masyarakat,” kata Irjen Fadil Imran, Jumat.

Irjen Fadil juga menambahkan layanan yang diberikan berupa kesehatan, pendidikan dan yang utama adalah layanan keamanan atau kamtibmas.

Selain itu, Irjen Fadil mengajak jajarannya untuk terus turun ke lapangan melihat kondisi riil sehingga dapat menimbulkan rasa empati dan juga memberikan solusi atas permasalahan di masyarakat.

Dia mengatakan, polisi akan turun secara serentak ke seluruh RW untuk menyerap hal yang menjadi keluh kesah dan yang menjadi persoalan masyarakat untuk dapat dipecahkan bersama.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabidokkes) Polda Metro Jaya Kombes Pol Hery Wijatmoko menjelaskan, pemberian layanan ini ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kita cari masyarakat yang membutuhkan yang mana, kita turun ke bawah pada masyarakat yang paling bawah,” kata Kombes Hery.

Menurut Kombes Hery, saat ini pelayanan yang diberikan adalah pemberian 300 paket sembako, 150 pengobatan umum dan 75 pengobatan gigi. Kemudian pemberian peralatan sekolah dan untuk kebersihan gigi pada 75 anak serta sunatan masal dan vaksinasi.

Selain layanan kesehatan, Kepolisian juga akan merehab Rumah Penyuluhan Kreatif yang berfungsi sebagai sarana belajar bagi anak-anak pemulung dengan melengkapi listrik, air bersih, televisi dan papan untuk menyampaikan pelajaran (white board).