“Secara internal kami gulirkan Vaksinasi Merdeka. Mudah-mudahan ikhtiar dan cita-cita kami ini bisa terwujud agar tercapai ‘herd immunity’ (kekebalan kelompok) di Provinsi DKI Jakarta dan tentunya wilayah-wilayah penyangga yang masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Fadil Imran saat mengunjungi gerai vaksinasi massal di Polres Metro Jakarta Selatan, Sabtu (24/7/2021).

Kapolda mengatakan Polda Metro Jaya bersama TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan berbagai upaya percepatan vaksinasi hingga Agustus 2021.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah menuturkan bahwa pihaknya menggelar vaksinasi massal dengan target masyarakat berusia di atas 12 tahun sebanyak 1.000-1.500 per hari pada Sabtu dan Minggu ini.

Kapolres mengungkapkan gerai vaksin massal itu merupakan kolaborasi dari elemen masyarakat, seperti Kadin dan sejumlah perusahaan makanan siap saji.

Rencananya, Polres Metro Jakarta Selatan akan mendirikan gerai vaksin massal di perkampungan warga untuk memudahkan masyarakat ikut vaksin COVID-19 agar segera terbentuk kekebalan kelompok.

“Untuk mewujudkan kekebalan kelompok, maka masyarakat secara cepat harus ikut vaksinasi agar kita sehat, COVID-19 menurun dan kehidupan normal kembali,” tutur Azis.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan optimistis Pemprov DKI dapat mencapai target vaksinasi COVID-19 terhadap 8,8 juta penduduk pada akhir Agustus 2021.