Connect with us

18. DITRESNARKOBA

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Narkotika Jaringan Malaysia-Jakarta, Sita 86 Kilogram Sabu

Published

on

Rabu, 13 Juli 2022 07:40 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat peredaran narkoba lintas Malaysia-Jakarta dalam kurun waktu Mei 2022 hingga awal Juli 2022. Total tersangka yang ditangkap yaitu 35 orang dari 19 kasus.

Dari pengungkapan tersebut, diamankan barang bukti berupa jenis sabu seberat 86,27 kg, jenis heroin seberat 241 gram, jenis ekstaksi sebanyak 135 butir, jenis ganja seberat 4,02 kg, jenis erimin 5 mg atau happy five sebanyak 3.800 butir, jenis tembakau sintetis seberat 202 gram, dan jenis cannabinoid seberat 3,74 kg serta alat dan bahan pembuatan tembakau sintetis.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, modus yang digunakan jaringan sindikat narkotika Malaysia-Jakarta yang pertama yaitu menyembunyikan sabu dalam bungkus Teh China Guan Yingyang dan diselundupkan dalam koper.

“Kemudian modus yang kedua yang digunakan para pelaku kejahatan ini adalah barang bukti narkotika jenis sabu ini dikamuflasekan seperti kapsul yang disembunyikan di dalam minuman kemasan,” ujar Zulpan kepada wartawan, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (12/7/2022).

Modus selanjutnya yang digunakan para pelaku yaitu menyelundupkan ke dalam bungkus makanan kripik dan dikirim melalui jasa ekspedisi.

“Kemudian modus yang ketiga atau terakhir yang digunakan adalah barang bukti ini diselundupkan melalui jasa ekspedisi dan dikamuflasekan dalam bungkus makanan kripik,” tandasnya.

Atas kejahatannya, para pelaku terancam dikenakan Pasal 114 Ayat 2 subsider Pasal 112 Ayat 2 subsider Pasal 111 Ayat 2 juncto Pasal 132 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati.

18. DITRESNARKOBA

Polda Metro Jaya Gagalkan Pengiriman Biji Kokain ke Luar Negeri

Published

on

By

Jumat, 5 Agustus 2022   11:00 WIB

TBNews PMJ – Subdit 3 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya bersama Bea Cukai berhasil menggagalkan pengiriman biji kokain dari dalam negeri ke luar negeri.

Kasubdit 3 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Danang Setiyo Pambudi mengatakan pihaknya juga menangkap satu orang tersangka.

“Betul, kita sudah tangkap satu tersangka, dia yang ngirim,” kata AKBP Danang Setiyo Pambudi di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

AKBP Danang menambahkan, pengungkapan kasus tersebut berawal dari Bea Cukai yang mencurigai adanya benda ekspor mencurigakan. Bea Cukai kemudian berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk menyelidiki kasus tersebut.

Dari penyelidikan polisi, diketahui pelaku kerap mengekspor paket biji kokain ke luar negeri. AKBP Danang mengatakan bahwa tersangka tercatat sudah lebih dari satu kali melakukan aksinya tersebut.

“Saat kita tangkap, ternyata dia baru mengirim satu paket ke pihak ekspedisi. Jadi total sudah kirim empat paket,” ujar AKBP Danang.

Danang mengatakan pihaknya juga sempat menggeledah kediaman tersangka di kawasan Bandung, Jawa Barat, dan menemukan sebuah pohon.”Di rumahnya ada tiga pohon besar dan ada biji di dalam seperti toples. Kita masih kembangin dia dapat bijinya dari mana,” kata AKBP Danang.

Namun AKBP Danang enggan membeberkan lebih detail terkait kasus ini. Dia mengatakan bahwa Polda Metro Jaya segera merilis kasus tersebut.

Continue Reading

18. DITRESNARKOBA

Gelar Lomba Musik, Polda Metro Jaya Ajak Musisi Jalanan Tampil di Syukuran HUT Bhayangkara ke-76

Published

on

By

Senin, 27 Juni 2022 11:30 WIB

TBNews PMJ – Polda Metro Jaya bakal membantu pemenang lomba musik “Jakarta Memanggil Musisi Jalanan” mencari produser dan mengajak mereka tampil dalam acara syukuran Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya melalui Ditrektorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) baru saja menggelar acara lomba musik bertajuk “Jakarta Memanggil Musisi Jalanan” pada Minggu (26/6/2022). Acara lomba musik tersebut digelar dalam rangka menyambut momen Hari Bhayangkara ke-76.

Selain itu, “Jakarta Memanggil Musisi Jalanan” untuk mencari bakat-bakat tersembunyi dari musisi jalanan di Jakarta dan sekitarnya.

“Tujuannya adalah sebagai pelindung, pengayom masyarakat, bisa membangkitkan musik Indonesia semakin hidup kembali,” ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa dalam keterangannya, dikutip Senin (27/6/2022).

Dalam acara yang tersebut, kata Mukti, terdapat 16 musisi dari kalangan pengamen hingga pelajar yang berhasil menembus grand final “Jakarta Memanggil Musisi Jalanan”. Tiga di antaranya keluar sebagai pemenang berdasarkan penilaian juri dari kalangan musisi ternama, yakni Anji, Sammy Simorangkir, dan Rio Febrian.

“Tentu akan kami coba salurkan, dan nanti kami akan tampilkan para pemenang di acara syukuran (HUT Bhayangkara) di Polda Metro Jaya pada 1 Juli 2022,” kata Mukti.

Mukti pun berharap, lewat kegiatan ini, para produser dapat melihat potensi pemenang lomba “Jakarta Memanggil Musisi Jalanan” dan bisa membantu mengarahkan mereka untuk terjun ke industri musik Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Anji selaku juri dan produser musik mengapresiasi kegiatan lomba musik tersebut. Kegiatan ini menjadi salah satu cara mencari talenta baru, sekaligus membangkitkan kembali industri musik di Tanah Air.

“Sekarang kan kondisinya sudah sangat memungkinkan untuk siapa pun musisi dari daerah mana pun untuk berkembang,” kata Anji.

Anji pun mengaku siap membantu kepolisian apabila diminta membantu memproduseri para pemenang lomba musik “Jakarta Memanggil Musisi Jalanan” yang digelar Polda Metro Jaya.

“Jika dilibatkan tentu saya bersedia karena memang kerjaan dan salah satu passion saya untuk mengembangkan talenta baru juga,” ucap Anji.

Continue Reading

18. DITRESNARKOBA

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Ganja 471 Kg Jaringan Aceh-Medan-Jakarta, Tangkap 8 Tersangka

Published

on

By

Jumat, 22 April 2022 15:20 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya membongkar kasus peredaran narkoba jenis ganja jaringan Aceh-Medan-Jakarta. Sebanyak 471 kilogram ganja berhasil diamankan dari delapan tersangka.

“Menangkap para pelaku pengedar narkoba jenis ganja dengan berat 471,6 kilogram  yang merupakan jaringan antarpulau, Aceh, Medan, dan Jakarta,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, saat menggelar konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Kombes Zulpan mengatakan, kasus ini dibongkar dari dua tempat kejadian perkara (TKP) yakni pertama di Denay, Medan dan TKP kedua di jalan Sei Tuntung, Medan.

Dari TKP pertama, polisi menangkap tiga tersangka berinisial PP yang merupakan pemilik ganja, CA berperan sebagai penjaga gudang ganja, dan HB yang memindahkan ganja.

“Untuk di TKP kedua, penyidik menangkap 5 tersangka atas inisial AC sebagai pemilik ganja, IP berperan sebagai sopir yang membawa ganja, A berperan sebagai kondektur dan pengendali komunikasi, AB juga pengendali dan RR sama perannya,” sambungnya.

Dari para tersangka diamankan sejumlah barang bukti mulai dari TKP pertama 369 kilogram ganja kering, di TKP kedua sebanyak 102,6 kg ganja kering, dua buah timbangan dan motor, satu unit mobil Toyota Inova warna hijau metalik.

Atas perbuatannya ini, kedelapan tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 111 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun dan maksimal hukuman mati.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News