Connect with us

21. DITLANTAS

Arahan Kapolda Metro Jaya kepada 205 Perwira Ditlantas

Published

on

Kamis, 4 November 2021 13:39 WIB

TribrataNews PMJ – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memberikan pengarahan kepada 205 perwira Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk memastikan tidak ada lagi oknum polisi lalu lintas (polantas) nakal yang merusak citra kepolisian.

“Beberapa arahan beliau, pertama jangan sampai karena perbuatan oknum tercela kemudian karena nila setitik rusak susu sebelanga,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Kombes Sambodo mengatakan instruksi kedua Irjen Fadil Imran adalah mengedepankan sosok polantas sebagai penolong dan pelindung masyarakat serta mengurangi interaksi dengan masyarakat dalam konteks penindakan pelanggaran lalu lintas yang rentan terjadi pelanggaran dan penyelewengan.

“Dari segi penegakan hukum kita akan sedikit demi sedikit mengganti penegakan hukum manual dengan basis tilang elektronik (E-TLE) sehingga mengurangi interaksi petugas dengan masyarakat,” tambahnya.

Sedangkan instruksi ketiga Kapolda Metro Jaya adalah mengidentifikasi titik rawan pungutan liar (pungli) oleh oknum polantas nakal untuk kemudian ditempatkan kamera E-TLE sehingga tidak ada lagi penindakan secara manual.

“Ketiga kami diperintahkan untuk mengidentifikasi lokasi-lokasi mana yg sering banyak pungli dan sering digunakan oleh oknum polantas untuk kita bersihkan dan tindak oknum tersebut dan di titik-titik itu kita gantikan dengan ETLE sehingga nanti tidak lagi terjadi pungli oleh anggota di lapangan terhadap pelanggar lalu lintas,” ujarnya.

Pengarahan kepada perwira Ditlantas Polda Metro Jaya tersebut dilakukan untuk memastikan tidak terulangnya kasus polisi minta bawang.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mencopot oknum polisi lalu lintas Aiptu ADH dari Satuan Lalu Lintas Polres Bandara Soekarno-Hatta ke Bidang Pelayanan Markas (Yanma) Polda Metro Jaya dalam rangka pemeriksaan lantaran meminta sekarung bawang kepada seorang pengemudi kendaraan.

Rangkaian kasus ini berawal dari video viral melalui media sosial Instagram dan Twitter yang memperlihatkan seorang polantas yang sedang berdiri di samping sebuah sepeda motor yang di atasnya terlihat sekarung bawang.

Perekam video tersebut kemudian mengatakan dirinya terkena tilang, namun oknum polisi tersebut justru meminta sekarung bawang yang diangkutnya.

“Aku minta maaf bos, aku kena tilang tapi dimintai satu karung bawang. Nih bos polisi, tolong rekan-rekan bantu kondisi saya,” kata perekam video itu.

Lalu mereka berkata “Nih saya dimintai satu karung. Dikasih Rp100 ribu gak mau, mintanya satu karung bawang”

21. DITLANTAS

Ditlantas Polda Metro Jaya Siapkan Latihan Resmi untuk Komunitas Balap Liar di Ancol

Published

on

By

Kamis, 13 Januari 2022 07:56 WIB

TribrataNews PMJ – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya siap menggelar latihan balap jalanan bersama komunitas “street race” di Ancol Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022) besok. Kegiatan ini merupakan persiapan dari ajang balapan liar yang difasilitasi secara resmi oleh Polda Metro Jaya untuk memberantas balap liar ilegal di malam hari.

“Konsepnya latihan bersama komunitas, jadi tidak menyiapkan hadiah,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Rencananya latihan bersama itu menggunakan format “drag race” dengan trek sepanjang 500 meter dan 300 meter untuk pengereman.

Kombes Sambodo mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah membentuk wadah bagi para pembalap jalanan untuk membalap dalam situasi terkontrol dengan peningkatan aspek keselamatan. “Tujuan utamanya adalah kita berupaya agar event seperti ini bisa menghilangkan dan meminimalisir pelaksanaan balap liar di jalan. Kami akan mewadahi mereka di satu tempat dengan meningkatkan faktor keamanan,” katanya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sepakat untuk menyelenggarakan balap jalanan di Ancol dalam rangka memfasilitasi para pemilik hobi balap agar tidak terlibat balap liar. “Kami sepakat Ancol menjadi salah satu pilihan atau akan dijadikan tempat untuk menampung anak muda dalam menyalurkan hobi balapnya dan akan dimulai per tanggal 15 Januari 2021,” kata Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo.

Bambang berharap, kegiatan ini bisa menjadi ajang para penggemar “street race” menyalurkan hobinya dan tidak terlibat dalam ajang balap ilegal yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini tingkat balapan yang mengganggu masyarakat tidak ada lagi karena sudah disiapkan jalurnya di Ancol,” ujarnya.

Adapun Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, mengatakan, pihak kepolisian akan turun tangan untuk mengawal aspek keselamatan dalam balapan tersebut. “Nanti dari Ancol akan menyiapkan sirkuitnya, dan dari IMI akan menyiapkan pelatih, dengan mengutamakan aspek keamanan. Jadi, tidak lagi balapan hanya menggunakan sendal jepit, tapi sudah menggunakan sepatu, helm, dan jaket balap lengkap seperti di MotoGP, agar keselamatan ini menjadi yang utama,” kata Kapolda.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Polda Metro Jaya Gelar Kompetisi untuk Pebalap Liar, Usia di Bawah 17 Tahun Harus Izin Orang Tua

Published

on

By

Rabu, 12 Januari 2022 12:35 WIB

TribrataNews PMJ – Polda Metro Jaya telah membuka pendaftaran kompetisi resmi untuk para pembalap liar yang selama ini kerap melakukan aksinya di jalanan. Kompetisi resmi ini juga bisa diikuti warga yang masih di bawah 17 tahu dengan persyaratan izin orangtua.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, ajang balap seri pertama akan dilaksanakan pada 16 Januari 2022. Track balapan sudah disiapkan di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Untuk seri pertama ini, tersedia kuota untuk maksimal 350 pembalap. Pendaftaran sudah dibuka sejak Selasa (11/1/2022) melalui Tiket.com.

“Pokoknya kuota 350 pendaftar pertama bisa ikut perdana tanggal 16 Januari 2022,” ujar Kombes Sambodo kepada wartawan, Selasa kemarin.

Pendaftaran dapat diakses oleh para peserta lewat aplikasi Tiket.com atau melalui situs https://widget.loket.com/widget/3mqprunzuovjrddy. Para peserta akan diminta mengisi sejumlah data dan memenuhi persyaratan yang tertera dalam laman pendaftaran tersebut. Kombes Sambodo mencontohkan, surat izin dari orangtua diperlukan bagi pembalap yang masih berusia di bawah 17 tahun.

“Kalau di bawah umur perlu izin orangtua, di bawah usia 17 tahun harus izin orangtua. Ada syarat lainnya, bisa dilihat lengkapnya di link pendaftaran online,” kata Kombes Sambodo.

Rencananya, terdapat tujuh kelas street race yang akan diselenggarakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, antara lain kelas motor sport dua tak, bebek dua tak, bebek empat tak, serta kelas Vespa. Total tujuh kelas yang tersedia disebut berdasarkan hasil diskusi dari komunitas.

“Selain itu, motor hasil modifikasi juga boleh (mengikuti perlombaan) enggak ada masalah, nanti ada tim yang akan menilai,” ucap Kombes Sambodo.

Polda Metro Jaya bersama bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga telah menyiapkan lintasan sepanjang 800 meter di Ancol, yaitu untuk drag race 500 meter dan 300 meter sisanya untuk pengereman.

Sementara untuk masyarakat yang ingin hadir dan menyaksikan aksi para pembalap liar dalam kompetisi resmi bisa mendaftarkan secara dari melalui laman https://widget.loket.com/widget/mf9mctjxk19w7xb.

Adapun ajang balap ini digelar untuk memfasilitasi para pelaku balap liar yang kerap beraksi di jalan raya dan meresahkan masyarakat. Dengan ajang ini, diharapkan tak ada lagi aksi balap liar di jalanan Ibu Kota.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Berlakukan Crowd Free Night, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Malam Tahun Baru 2022

Published

on

By

Kamis, 30 Desember 2021 15:11 WIB

TribrataNews PMJ – Polda Metro Jaya bakal melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan pada saat penerapan crowd free night (CFN) malam Tahun Baru 2022. Ruas jalan itu antara lain adalah Sudirman dan Thamrin. Ada 14 pengalihan arus lalu lintas selama penerapan CFN yang dilakukan 2 hari, yakni Jumat hingga Sabtu dini hari.

CFN mulai diberlakukan pada pukul 22.00 WIB hingga 04.00 WIB Sabtu 1 Januari 2022.

“Sesuai hasil rapat koordinasi yang baru saja kita laksanakan maka kita putuskan pertama CFN dilakukan selama dua hari tanggal 31 Desember dan tanggal 1 Januari 2022,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Berikut pengalihan arus lalu lintas selama Crowd Free Night Thamrin-Sudirman, Jakarta:

1. Arus lalin dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Mersel ditutup diluruskan ke Jalan Mertim.

2. Arus lalin dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemulian ditutup.

3. Arus lalin dari Jalan Agus Salim yang akan belok kiri menuju Jalan Kh Wahid Hasyim ditutup diarahkan ke Tugu Tani.

4. Arus lalin dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Kebon Sirih ditutup.

5. Arus lalin dari Jalan Agus Salim belok kiri menuju Jalan KH Wahid Hasyim ditutup diarahkan ke Tugu Tani.

6. Arus lalin dari JaLan Fachrudin menuju Jalan KH Wahid Hasyim ditutup.

7. Arus lalin yang dari Jalan KH Mas Mansyur menuju ke Bundaran HI ditutup diluruskan ke Jalan KH Mas Mansyur.

8. Arus lalin yang dari Jalan Galunggung menuju Jalan Jenderal Sudirman diluruskan ke Jalan RM Margono Djohohadikoesoemo.

9. Arus lalin yang dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kanan ke Jalan Agus Salim dan arus lalin yang dari Jalan Agus Salim yang akan menuju Jalan Jenderal Sudirman dibelokkan kiri ke Jalan Imam Bonjol.

10. Arus lalin yang dari Jala KH Mas Mansyur menuju Jalan Jenderal Sudirman diputar balikan ke Jalan KH Mas Mansyur dan Arus lalin yang dari Jalan DR Satrio menuju Jalan Jenderal Sudirman diputar balik ke Jalan DR Satrio.

11. Arus lalin yang dari Benhil menuju Jalan Jenderal Sudirman diputar balikan kembali ke Jalan Benhil.

12. Arus lalin yang dari arah barat Jalan Gatot Subroto yang menuju ke Jalan Jenderal Sudirman diluruskan Jalan Gatot Subroto arah timur dan arus lalin yang dari arah timur jalan Gatot Subroto yang menuju Jalan Jenderal Sudirman diluruskan Jalan Gatot Subroto arah barat.

13. Arus lalin yang dari Jalan Pintu Senayan menuju Jalan Jenderal Sudirman diputar balikan.

14. Arus lalin yang dari Jalan Asia Afrika menuju Budaran Senayan diluruskan ke Jalan Hang Lekir, arus lalin yang dari Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Jenderal Sudirman dibelokkan kiri ke Jalan Hang Lekir, arus lalin yang dari Jalan Pattimura menuju Jalan Jenderal Sudirman diluruskan ke Jalan Hang Lekir dan dibelokkan kiri ke Jalan Sisingamangaraja dan arus lalin yang dari Jalan Senopati menuju Jalan Jenderal Sudorman diluruskan ke Jalan Pattimura.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News