Selasa, 31 Agustus 2021
TribrataNews PMJ — Polda Metro Jaya akan fokus memberikan vaksin COVID-19 ke daerah penyangga Ibukota seperti Depok, Tangerang dan Bekasi dalam program lanjutan Vaksinasi Merdeka yakni Vaksinasi Presisi.
“Hari ini kita melaksanakan apel pergeseran tim vaksinasi untuk daerah penyangga di wilayah hukum Polda Metro Jaya dalam rangka percepatan target vaksinasi. Diharapkan pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan dapat mencapai target tepat pada waktunya,” kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pando di Mapolda Metro Jaya , Jakarta, Selasa (31/8/2021).
Wakapolda mengatakan Jakarta menduduki peringkat pertama vaksinasi nasional dengan raihan 100 persen penerima pertama dan 67 persen penerima dosis kedua.
Namun Jakarta sebagai kegiatan ekonomi, harus berhadapan dengan pusat mobilitas keluar masuk ke Jakarta setiap hari.

“Terutama dari daerah penyangga yaitu Depok, Tangerang dan Bekasi, sehingga pembentukan ‘kelompok kekebalan’ di daerah DKI Jakarta juga membutuhkan hal serupa dari daerah penyangga,” tambahnya.

Pada kesempatan terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan Program Vaksinasi Presisi digelar karena minimnya angka vaksinasi di daerah penyangga Jakarta.

“Untuk memperkuat dan menahan penyebaran Covid-19, memang sangat diperlukan penambahan atau penambahan perluasan di daerah penyangga karena wilayah Polda Metro memiliki aglomerasi Depok dan Tangerang yang kita ketahui masih sangat minim, masih sekitar 30 atau 40 persen saja vaksinasi yang dilakukan,” ujar Kombes Yusri.
Kombes Yusri mengatakan Polda Metro Jaya bersama jajaran Polres di wilayah hukumnya akan menyiapkan 57 gerai-gerai vaksin di wilayah penyangga.
Gerai Vaksinasi Presisi ini akan berjalan selama 13 hari dengan target 70 persen warga di penyangga Jakarta sudah mendapat vaksinasi.
“Nanti di penyangga selama 13 hari berjalan sambil berjalan, evaluasi kita lagi apakah perlu ditambah setiap hari karena banyak masyarakat yang menambahkan penyangga minta tolong bantu Polres-Polsek diperhatikan untuk vaksinasi,” pungkasnya.