Connect with us

21. DITLANTAS

Lima Hari Operasi Patuh Jaya 2022, Sebanyak 1.115 Pelanggar Lalin Ditilang Melalui Kamera E-TLE

Published

on

Senin, 20 Juni 2022 11:20 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menindak 12.217 pengendara selama lima hari dalam Operasi Patuh Jaya 2022. Kegiatan itu telah dilakukan sejak 14 Juni-26 Juni 2022 mendatang.

“Hasil rekap penegakan hukum dalam Operasi Patuh Jaya 2022 selama 5 hari pelaksanaan mulai tanggal 13-18 Juni 2022 penindakan dengan jumlah 12.217 pelanggaran,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam dalam keterangannya, Sabtu (18/6).

Menurut AKBP Jamal, dari 12.217 pelanggar lalu lintas, 1.115 pelanggar diantaranya ditilang melalui kamera E-TLE dan diberikan teguran simpatik 11.102 pelanggar sehingga berjumlah 12.217 pelanggaran. Kemudian dari total penilangan, sebanyak 41 pengendara kedapatan menggunakan handphone saat berkendara, 35 pengemudi melebihi batas kecepatan serta tidak menggunakan sabuk pengamanan sebanyak 973 orang.

“Ganjil-genap 66. Sehingga jumlah 1.115. Khusus jumlah penindakan pelanggaran Gage di 25 ruas jalan dari tanggal 13 – 17 Juni 2022 sebanyak 469 pelanggar,” terang AKBP Jamal.

Selanjutnya, AKBP Jamal mengimbau kepada para pengguna jalan agar selalu tertib berlalu lintas. Masyarakat sebagai pengguna jalan diharapkan lebih disiplin dan tertib berlalu lintas, patuhi segala aturan tertib berlalu lintas di jalan. Selain itu, pengguna jalan juga harus menghormati hak-hak pengguna jalan yang lain dan utamakan keselamatan saat berkendara di jalan.

“Semoga dengan Operasi Patuh Jaya 2022, masyarakat lebih meningkat disiplinnya dan tertib berlalu lintas dan bisa menurunkan jumlah kecelakaan dan fatalitas korban,” harap AKBP Jamal.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

21. DITLANTAS

Polda Metro Jaya Sterilkan Sudirman-Thamrin pada Malam Tahun Baru 2023

Published

on

By

Kamis, 29 Desember 2022 07:55 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya  melakukan sterilisasi Jalan Sudirman-Thamrin dengan melaksanakan malam bebas kendaraan bermotor (car free night) pada malam Tahun Baru 2023, Sabtu (31/12/2022).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menerangkan, penutupan dan sterilisasi dimulai pukul 18.00 WIB.

“Mulai kita tutup jam 18.00 WIB, nanti kita tutup total pukul 20.00 WIB,” kata Kombes Latif saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Penutupan Jalan Sudirman-Thamrin dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (1/1/2023) pukul 02.00 WIB. Penutupan dimulai dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Senayan.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan pos untuk penempatan personel dalam rangka mengawal kelancaran arus lalu lintas selama malam Tahun Baru 2023.

“Ada pos dan pengaturan penjagaan di situ, sudah disiapkan,” kata Kombes Latif.

Penutupan jalan itu dilakukan agar masyarakat dapat menikmati suasana kawasan Sudirman-Thamrin saat malam tahun baru yang rencananya menghadirkan delapan panggung hiburan.Dinas Perhubungan DKI Jakarta rencananya melakukan penutupan 22 akses ke Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin pada malam Tahun Baru 2023.

Ke-22 akses ke Jalan Sudirman-Thamrin yang dilakukan penutupan itu adalah di Jalan Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat Kupingan Ahok dan Kupingan Semanggi (Gatsu), Jalan Bendungan Hilir, Jalan KH Mas Mansyur, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5, Kupingan Kolong Sudirman, Kota Bumi dan Jalan Baturaja, Jalan Teluk Betung, Jalan Kebon Kacang, Jalan Sunda dan Simpang Imam Bonjol.

Kemudian di Jalan Sumenep Tosari, Landmark (Indocement), Jalan Setiabudi, Jalan Prof Dr Satrio, Jalan Masjid (Sampoerna), Jalan Garnisun dan Kolong Semanggi, Jalur lambat, Kupingan Ahok dan Kupingan Semanggi (Gatsu), SCBD serta Jalan Tulodong Atas 2 Samping CIMB.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Dirlantas Polda Metro Jaya: Rata-rata 250 Kendaraan Kena Tilang E-TLE Mobile Setiap Hari

Published

on

By

Jumat, 16 Desember 2022 08:05 WIB

TBNews PMJ – Polda Metro Jaya meresmikan tilang dengan teknologi E-TLE Mobile pada 13 Desember 2022 lalu. Dalam sehari, tercatat rata-rata ada 250 kendaraan yang terjaring sistem tilang tersebut.

“Rata-rata per hari, ini kan tergantung jalannya berapa jam jalur mana, kalau sehari bisa mencapai 250 per kendaraan,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, Kamis (15/12/2022).

Menurutnya, dalam 250 kendaraan yang terjaring ETLE per hari ini meliputi roda dua dan roda empat. Latif menjelaskan, paling banyak kendaraan yang terkena ETLE Mobile dengan pelanggaran ganjil genap.

“Pelanggarannya semuanya ada mobil ada motor,” ujarnya.

“Tidak menggunakan helm lawan arus, ada lengkap semuanya, melanggar rambu, sabuk pengaman, ganjil genap. Paling banyak ganjil genap,” ujar Kombes Latif.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya pada 13 Desember 2023 secara resmi meluncurkan 11 kamera ETLE mobile yang terpasang di kendaraan patroli untuk mengawasi dan menindak pelanggar aturan lalu lintas di kawasan yang tidak terpasang kamera ETLE statis.

Polda Metro Jaya telah mengoperasikan 57 titik kamera ETLE statis untuk menindak pengguna jalan pelanggar aturan lalu lintas.

Selanjutnya pada 2023, Ditlantas Polda Metro Jaya menargetkan akan menambah 70 kamera ETLE statis baru.

Pengembangan ETLE di Jakarta adalah sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo agar Korlantas Polri agar mengoptimalkan ETLE statis dan mobile serta mengurangi tilang manual untuk menghindari terjadinya pungutan liar (pungli).

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022 tanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Lemkapi Berikan Apresiasi Penerapan E-TLE Mobile Polda Metro Jaya

Published

on

By

Kamis, 15 Desember 2022 14:20 WIB

TBNews PMJ – Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mengapresiasi penerapan tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/E-TLE) Mobile dengan memberi penghargaan Presisi Award kepada Polda Metro Jaya. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Eksekutif Lemkapi, Dr Edi Hasibuan dan diterima oleh Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Drs. Hendro Pandowo, M.Si, yang mewakili Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran.

“Kami datang mewakili masyarakat menyampaikan apresiasi. Kami hadir menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Metro Jaya dan anggotanya yang terus melengkapi kamera ETLE Mobile untuk mendukung instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo,” kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Edi Hasibuan mengatakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya aktif membuat berbagai inovasi dalam penegakan hukum di jalan raya. Selain mengoperasikan 57 kamera ETLE statis, Polda Metro Jaya kini mengoperasikan 11 ETLE mobile yang bisa bergerak bebas.

“Harapannya inovasi ETLE Mobile Polda Metro Jaya ini akan menjadi contoh dan motivasi terhadap seluruh jajaran Polri agar pelaksanaan tilang elektronik bisa diterapkan maksimal, ” kata mantan anggota Kompolnas tersebut.

Selain memantau pengoperasian kamera ETLE statis dan ETLE Mobile, Lemkapi juga aktif melakukan pemantauan pelayanan di lingkungan Polda Metro Jaya dalam satu bulan terakhir.

Pemantauan tersebut menemukan banyak peningkatan pelayanan oleh Polda Metro Jaya antara lain pelayanan SIM yang sudah dilengkapi ruangan bimbingan belajar gratis dan kini masyarakat bisa lebih mudah mendapat SIM​​​​​​​.

Edi Hasibuan mengharapkan pelayanan masyarakat oleh Polda Metro Jaya terus ditingkatkan agar kepercayaan terhadap institusi Polri semakin baik.

Wakapolda Polda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo menyampaikan terima kasih kepada Lemkapi atas perhatian yang disampaikan kepada Polda Metro Jaya.

Brigjen Hendro mengatakan, penghargaan tersebut akan menjadi pendorong bagi Polda Metro Jaya untuk membangun Polri yang Presisi seperti yang visi Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Kami akan terus meningkatkan berbagai inovasi untuk mewujudkan program Presisi Kapolri,” katanya.

Penyerahan penghargaan tersebut juga dihadiri oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan dan Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Rusdy Pramana.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News