Connect with us

23. DITPOLAIR

Kapolda Metro Jaya Pimpin Upacara Peringati Hut Ke-72 Polairud.

Published

on

Senin, 5 Desember 2022 16:25 WIB

TBNews PMJ  – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si., menjadi inspektur upacara pada peringatan hari ulang tahun ke-72 Kepolisian Perairan Dan Udara (Polairud) di Lapangan Stadion Presisi Polda Metro Jaya, Senin (5/12/2022).

 

“Selaku Kapolda Metro Jaya, dengan rasa bangga saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-72 kepada seluruh anggota dan segenap keluarga besar Kepolisian Perairan Dan Udara Polda Metro Jaya serta seluruh keluarga Korps Polairud dimanapun berada,” ujar Irjen Fadil.

 

Irjen Fadil mengatakan keberadaan dan eksistensi kepolisian perairan dan kepolisian udara hingga saat ini merupakan buah dari kerja keras para senior pendahulu kita yang sudah merintis pembentukan organisasi, pengembangan alut, infrastruktur serta sumber daya manusia Polairud sejak tahun 1950.

 

“Sudah sepantasnya kita mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggitingginya kepada senior pendahulu kita yang telah mengorbankan tenaga, pikiran bahkan jiwa dan raga, sehingga mampu meletakkan pondasi yang kokoh sebagai pijakan generasi penerus kepolisian perairan dan udara dalam pengembangan dan penguatan institusi hingga mencapai kemajuan yang signifikan seperti saat ini,” kata Irjen Fadil.

 

Menurut Irjen Fadil, saat ini Pemerintah dan pimpinan Polri telah memberikan perhatian yang besar terhadap kepolisian perairan dan udara dengan memberikan dukungan anggaran yang cukup besar, penambahan personel yang memiliki keahlian khusus serta alut dan almatsus di jajaran Polairud Polda Metro Jaya. “Karena Polairud memiliki tugas yang lengkap mulai dari kegiatan deteksi dini, preemtif, preventif dan penegakan hukum di wilayah perairan dan udara sehingga perlu didukung sarana dan prasarana yang modern,” kata Irjen Fadil.

 

Hingga kini, kata Irjen Fadil, Polairud Polda Metro Jaya telah melaksanakan berbagai kegiatan penyuluhan, pembinaan komunitas, sambang nusa masyarakat pesisir pantai, melaksanakan sertifikasi kompetensi dan keterampilan untuk nelayan sebagai wujud kepedulian sosial terhadap masyarakat pesisir di Jakarta.

 

Irjen Fadil menambahkan, Korpolairud Polda Metro Jaya juga telah melaksanakan pengungkapan perkara, dengan beberapa kasus menonjol antara lain:

  1. Pengungkapan perkara curas dengan korban supir taksi online Gocar yang mayatnya ditemukan di laut dalam kondisi luka-luka
  2. Pengungkapan beberapa perkara prioritas pimpinan yaitu BBM bersubsidi jenis solar.

 

Irjen Fadil berpesan, keberhasilan yang telah diraih tidak menjadikan kita berpuas diri namun menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat dalam bekerja lebih profesional yang dilandasi dengan tulus dan ikhlas, selanjutnya diingatkan kepada seluruh personel Kepolisian Perairan Dan Udara untuk tetap memelihara kesehatan dan terus mengasah kemampuan / keterampilan diri karena kedepan memerlukan kesiapan dan antisipasi dalam menghadapi tantangan tugas kedepan.

 

“Kesiapsiagaan tanggap bencana, serta berbagai kegiatan pengamanan,  antara lain pengamanan kegiatan natal dan tahun baru, pengamanan di kawasan wisata super prioritas, pengamanan berbagai event internasional maupun nasional. Saya yakin dan percaya Kepolisian Perairan dan Udara Polda Metro Jaya akan tetap kokoh dan tangguh dalam menghadapi setiap tantangan tugas setegar batu karang,” kata Irjen Fadil.

“DIRGAHAYU KEPOLISIAN PERAIRAN DAN UDARA” “ARNAVAT DHARPAMAHE” “CAKRABUANA SAMAPTA” pungkas Irjen Fadil.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

23. DITPOLAIR

Siaga Banjir, Direktorat Polairud Polda Metro Jaya Kerahkan 30 Personel

Published

on

By

Senin, 7 November 2022 13:45 WIB

TBNews PMJ – Hujan deras mengguyur sejumlah wilayah Jakarta, Senin (7/11/2022). Direktorat Polairud Polda Metro Jaya menyiapkan 30 personel untuk membantu jika ada masyarakat yang terdampak banjir.

Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Metro Jaya Kompol Untung Widodo mengatakan, saat musim hujan pihaknya selalu mengerahkan sebanyak 30 personel yang siap siaga membantu masyarakat yang terdampak banjir.

”Tim SAR Polairud selalu siap hadir membantu masyarakat. Setiap hari ada 30 personel kami siagakan yang dibagi menjadi 2 regu,” kata Kompol Untung, Senin (7/11/2022).

Sejauh ini, selain melakukan tugas utama di pesisir pantai wilayah Polda Metro Jaya, Tim SAR Polairud selalu hadir di tengah masyarakat yang terdampak banjir. Selain rumah warga pihaknya juga ikut memberikan bantuan di tempat umum seperti tempat ibadah maupun sekolah.

“Kemarin (Minggu), Tim Sar Pleton 1 Ditpolairud Polda Metro Jaya membantu warga membersihkan rumah penduduk beserta mushola di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu Jakarta Timur,” jelasnya.

Continue Reading

16. DITRESKRIMUM

Tim Gabungan Jatanras dan Ditpolair Polda Metro Jaya Tangkap 3 Pembunuh Sopir Go Car di BKT

Published

on

By

Selasa, 18 Oktober 2022 07:45 WIB

TBNews PMJ – Tim gabungan Subdit Jatanras Ditreskrimum dan Ditpolair Polda Metro Jaya berhasil menangkap 3 pelaku pembunuhan Sopir Go Car, ADR (26 tahun), yang jasadnya ditemukan di Kawasan Pergudangan Marunda Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (4/10/2022) lalu.

Tiga tersangka yang bekuk yakni AW (19 tahun), ME (24 tahun) dan MF (24 tahun).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan ketiga pelaku memiliki peran masing-masing.

“Tersangka AW adalah merencanakan ide pertama kali untuk melakukan pembegalan dan mengeksekusi korban/menusuk korban, ME mencekik leher korban dari belakang dan MF berperan  memegangi kedua tangan korban dari belakang”, jelas Kombes Zulpan.

 

Adapun modus operandi yang digunakan pelaku, kata Kombes Zulpan, Pelaku meminta bantuan orang lain untuk memesan taksi Online melalui aplikasi Gocar untuk mengantar ke lokasi yang sepi / jauh dari pemukiman.

 

Sesampainya dilokasi korban (Driver Gocar) dianiaya sampai meninggal dunia, kemudian jasadnya dibuang ke Kali Banjir Kanal Timur (BKT) lalu mobilnya diambil oleh pelaku.

Dari para tersangka, petugas menyita barang bukti Mobil Toyota Rush berwarna putih dengan nomor Polisi B 2232 SXD milik korban, karpet mobil, SIM, ATM, dan kartu Gocar milik korban, sebilah pisau karambit, HP milik pelaku, dan Pakaian/baju yang dipergunakan oleh tersangka pada saat melakukan aksi perampokan,

 

Para tersangka dikenakan Pasal 365 ayat (4) KUHP tentang pencurian, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu paling lama 20 (dua puluh) tahun penjara.

 

Continue Reading

23. DITPOLAIR

Mayat Pria Bertato Naga Ditemukan di Dermaga Muara Angke, Warga yang Kehilangan Anggota Keluarga Agar Menghubungi Ditpolairud Polda Metro Jaya

Published

on

By

Selasa, 7 Juni 2022 12:30 WIB

TBNews PMJ – Sesosok mayat pria bertato naga dan tanpa identitas ditemukan di Dermaga Kaliadem Muara Angke, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara, pada Selasa (7/6/2022) pagi. Jasad korban ditemukan keadaan terpelungkup oleh petugas Dishub Pelabuhan Muara Angke Andi Susanto sekira pukul 07.49 WIB.

“Awalnya kami sedang mengecek kapal keberangkatan. Tiba-tiba ada sesosok mayat yang tadinya sempat kami kira bantal terapung,” kata Andi.

Andi langsung melaporkan temuan tersebut ke Ditpolairud Polda Metro Jaya Muara Angke, Babinsa Penjaringan, dan Polsek Sunda Kelapa.

“Selanjutnya mayat tersebut diangkat bersama TNI Polri yang kami hubungi. Mayat di angkat sekira jam 08.00 WIB,” ujar Andi.

Kasie Sidik Ditpolair Polda Metro Jaya AKP Suhaedi menerangkan, mayat tersebut berjenis pria, kurang lebih berumur 55 tahun lebih, tinggai badan kurang lebih 155 cm dan tidak beridentitas.

Ciri-ciri mayat tersebut yakni pada lengan kanan ada tato gambar batik vignet, dan lengan kiri bergambar tengkorak, serta pada bagian punggung atas tato bergambar naga.

“Ia menggunakan kaus hitam salur bergaris warna warni, celan pendek hitam merek Kappa dan di kaki kanan ada koreng. Mayat itu dilihat secara fisik masih baru karena belum terisi air di bagian tubuhnya,” kata AKP Suhaedi.

Mayat tersebut duga tercebur karena di bagian tubuh tidak ada unsur penganiayaan.

“Mungkin saja itu warga sedang mancing. Jika ada warga yang kehilangan anggota keluarga silakan hubungi di Ditpolairud Metro Jaya Markas Unit Patroli Kalidem Muara Angke,” tutur AKP Suhaedi.

Dari temuan mayat tersebut, tersebut polisi mengamankan sebuah handphone Andromax hitam dan masker berwarna hitam dari kain. Korban dibawa ke RSCM Salemba Jakarta untuk proses autopsi.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News