Connect with us

Berita Terkini

Atensi Kapolda Metro Jaya Perintahkan Para Kapolres, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas Wajib Hafal dan Tahu Setiap Perkembangan Kasus Aktif Covid-19 di Wilayahnya

Published

on

kapolda metro jaya

Tribratanews PMJ – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran mengumpulkan para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas di Wilayah Jakarta, di gedung Candi Bentar Puteri Duyung Ancol Jakarta Utara. Jumat, (21/05/21).

Acara yang juga dihadiri Pejabat Utama dan Kapolres se-Jajaran Polda Metro Jaya tersebut untuk menyamakan persepsi dalam cara bertindak menangani kasus Covid-19 pada saat pemudik balik ke Jakarta.

Dalam arahannya Kapolda menyampaikan penekanan kepada para Kapolres dan Kapolsek di Jajaran Polda Metro Jaya untuk mendatakan arus balik pemudik di stasiun dan terminal yang terdapat di wilayahnya dan bagi para pemudik yang datang ke Jakarta baik dari stasiun maupun terminal, harus di Tes Swab Antigen.

“Saya perintahkan para Kapolres, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas wajib hafal dan tahu setiap perkembangan kasus aktif virus Covid-19 di wilayahnya,” tegas Kapolda.

Kapolda mengatakan sampai saat ini kasus aktif positif Covid-19 bagi pemudik sebanyak 276 orang, puncaknya arus balik diperkirakan pada tanggal 21 sampai 31 Mei 2021, oleh karena itu kita masih melakukan penyekatan bagi pemudik yang datang ke Jakarta.

Selanjutnya, kata Kapolda, dalam pendataan angka kasus covid 19 yang terbaik yaitu dengan memperkuat komunitas dengan cara 3 T dan rekayasa sosial, bila data hasil menunjukkan kenaikan angka Covid-19 maka akan dilakukan Micro Lockdown dan optimalkan Kampung Tangguh Jaya (KTJ).

Lebih lanjut, Kapolda memerintahkan untuk memberikan layanan Swab Antigen gratis dan menerapkan mekanisme penempelan stiker di rumah bagi pemudik dengan warna kuning (kondisi pemudik pada saat belum kembali), warna putih (bagi pemudik yang isolasi mandiri), warna hijau (bagi pemudik yang Non Reaktif), warna merah (bagi pemudik yang Reaktif).

“Saat ini persedian alat Tes Swab Antigen yang dimiliki Polda Metro Jaya sebanyak 38.850 unit. Ini bisa digunakan untuk memberikan layanan swab antigen secara gratis bagi pemudik yang kembali ke Jakarta ” imbuhnya.

“Secara keselurahan Testing Covid-19 bagi warga arus balik mudik lebaran harus lebih ditingkatkan, Kapolsek jajaran agar turun langsung ke lapangan guna memastikan menjaring kasus positif Covid 19 arus balik mudik lebaran, Pesan saya agar KTJ Kampung Tangguh Jaya di optimalkan sebaik-baiknya”, tutup Kapolda.

7. POLRES METRO BEKASI KOTA

Tes Urine Dadakan Anggota Polres Metro Bekasi Kota, Seluruhnya Negatif Narkoba

Published

on

By

Selasa, 9 Agustus 2022 15:05 WIB

TBNews PMJ – Polres Metro Bekasi Kota melakukan tes urine dadakan terhadap seluruh anggota kepolisian pada Selasa (9/8/2022). Dari ratusan personel yang melakukan tes urine, keseluruhannya dinyatakan negatif mengonsumsi obat-obat terlarang.

Pemeriksaan urine dadakan dilakukan guna penegakan kedisiplinan seluruh anggota Polres Metro Bekasi Kota. Hal ini juga sebagai pencegahan adanya anggota yang menyalahgunakan narkotika.

“Gaktiplin atau penegakan ketertiban dan disiplin anggota Polres Bekasi Kota dilakukan sebagai upaya pencegahan dini penyalahgunaan narkoba bagi anggota,” ungkap Kasie Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing Andari kepada media pada Selasa (9/8/2022).

Kompol Erna memastikan dalam kegiatan pengecekan urine kali ini tidak dapat dihindari lantaran dilakukan usai apel pagi.

Lebih lanjut, dari seluruh hasil pengecekan, tidak ada anggota Polres Metro Bekasi Kota yang dinyatakan positif menggunakan narkoba.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan secara mendadak itu, semua anggota dinyatakan negatif penggunaan barang narkotika atau narkoba,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini bakal terus dilakukan secara agar menghindari anggota Polri yang menggunakan narkotika.

“Kegiatan itu dirasakan penting melihat kejadian di tempat lain tentang temuan anggota Polri yang menggunakan narkoba. Hal ini tentunya dapat merusak citra kepolisian, terlebih lagi saat ini institusi Polri tengah menjadi sorotan publik,” tuturnya.

Continue Reading

3. POLRES METRO JAKARTA BARAT

Terrekam CCTV Curi Sepeda Motor Karyawan di Kalideres, 3 Pencuri dan 1 Penadah Ditangkap

Published

on

By

Selasa, 9 Agustus 2022 14:40 WIB

TBNews PMJ – Jajaran Unit Reskrim Polsek Kalideres berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor milik karyawan di parkiran kantor di Jalan Daan Mogot Km 6, Kalideres, Jakarta Barat, yang terjadi pada Minggu (24/7/2022). Aksi pencurian tersebut terekam kamera CCTV sehingga membantu polisi mengidentifikasi pelaku.

“Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), dari CCTV ini kemudian diidentifikasi pelakunya. Total pelaku pemetik atau pencuri ada tiga orang, sedang satu yang lainnya penadah,” kata Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar di Mapolsek Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (9/8/2022).

AKP Syafri menceritakan, seorang pelaku awalnya teridentifikasi dari kamera CCTV, kemudian dikenali berada di kawasan Terminal Kalideres.

“Pada tanggal 27 juli 2022, salah satu pelaku HR berhasil diamankan di Terminal Kalideres, kemudian dikembangkan sehingga dapat ditangkap rekan-rekannya yang lain, termasuk barang bukti,” jelas AKP Syafri.

Menurut AKP Syafri, setelah HR ditangkap, pencuri sepeda motor lainnya, yakni NG dan RK, diciduk di kediamannya di Kebon Nanas, Kota Tangerang.

Dari keterangan para pencuri tersebut, sepeda motor hasil curian dijual kepada seorang penadah bernama WA di Bunderan Kamal, Penjaringan, Jakarta Utara. Dari tangan para pelaku, diamankanlah barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Beat berwarna biru milik korban dan sebuah alat kunci leter T untuk melakukan aksi pencurian.

Ketiga pelaku pencurian disangkakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pidana kurungan selama 7 tahun. Sementara itu, penadah WA disangkakan Pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun pidana.

Continue Reading

7. BIDANG HUMAS

Sambut Hari Pramuka ke – 61 tahun 2022, Wakapolda Pimpin Apel Besar Saka Bhayangkara di Polda Metro Jaya

Published

on

By

Selasa, 9 Agustus 2022 12:05 WIB

TBNews PMJ – Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo memimpin Apel Besar Saka Bhayangkara Polda Metro Jaya di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa (9/8/2022). Apel Besar Saka Bhayangkara Polda Metro Jaya dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Pramuka ke-61 dan Jambore Nasional Pramuka tahun 2022.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Kak Isnawa Aji, sebagai Wakil Ketua Bidang Hubungan Antarlembaga Kwarda DKI Jakarta, Kak Triadi sebagai Sekretaris Kwarda DKI Jakarta dan Kombes Pol Purn . Zarkasih sebagai Kapusdiklat Kwarda DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Wakapolda Metro Jaya mengatakan Polri sebagai wujud representatif negara, dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, pada kenyataannya terdapat rasio perbandingan jumlah penduduk dan anggota kepolisian, masih terdapat perbedaan jumlah yang terlampau jauh, sehingga Polri tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya sinergitas dari masyarakat.

Oleh karena itu, kata Wakapolda, Polri dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka membentuk Satuan Karya Pramuka Bhayangkara (Saka Bhayangkara) yang merupakan wadah untuk memupuk, membina, mengembangkan dan mengarahkan minat dan bakat generasi muda terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saka Bhayangkara bertujuan untuk membentuk gerenasi muda yang berkarakter, sehingga dapat terbentuk kemampuan pribadi (personal skill) dan kemampuan hidup (life skill),” ujar Brigjen Hendro Pandowo.

“Nantinya, mereka dapat menjadi solusi penyelesaian kerawanan sosial di tengah-tengah masyarakat, membantu tugas-tugas kepolisian, menjadi tutor sebaya dalam mensosiali sasikan bahaya narkoba dan pergaulan bebas, menjadi perpanjangan mata polri dalam rangka memonitor kerawanan sosial dan kriminalitas di masyarakat serta ikut membangun masyarakat dan menjaga kedaulatan bangsa dan negara,” lanjut Wakapolda.

Diakhir sambutannya, Wakapolda mengucapkan selamat Hari Pramuka ke – 61 yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2022 dengan tema “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

“Semoga Pramuka khususnya Saka Bhayangkara Daerah Metro Jaya semakin kreatif, inovatif sehingga keberadaannya benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” ujar Wakapolda.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News