Connect with us

21. DITLANTAS

HUT Ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Ditlantas Polda Metro Jaya Gelar Acara Musik-Lomba di CFD

Published

on

Senin, 19 September 2022 08:50 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya merayakan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67 tahun 2022 di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (18/9/2022) pagi.

Berdasarkan pantauan MNC Portal di lapangan, terdapat panggung utama di depan Pos Polisi Bundaran HI. Hiburan acara musik turut menghiasi acara peringatan hari lalu lintas Bhayangkara ke-67.

Tak hanya itu, beragam pertunjukan seni seperti lomba dan pameran lukis turut digelar di sekitar Bundaran HI. Para pelukis terlihat fokus menggambar polisi lalu lintas.

Masyarakat yang tengah melakukan kegiatan di sekitar car free day (CFD) Jakarta terpantau sangat antusias mengikuti rangkaian yang digelar Dirlantas Polda Metro Jaya itu.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol DR Mohammad Fadil Imran. Dalam sambutannya, Kapolda mengucapkan hari lalu lintas Bhayangkara ke-67 tahun 2022.

“Dirgahayu lalin Bhyangkara ke-67 tahun 2022. Semoga Polantas RI semakin maju menjadi insan bhayangkara yang selalu siap berkarya dan mengabdi untuk masyarakat,” tutur Fadil.

Bagi Fadil, polisi lalu lintas memiliki peran penting untuk sebuah negara.

“Mengapa? Saya memandang kemajuan bangsa dapat dilihat dari lalu lintasnya. Mulai dari tingkat kedisiplinan, ketertiban berkendara, kedisiplinan membayar pajak, sampai dengan indikator kemajuan ekonomi,” tutur Fadil.

Atas dasar itu, ia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh petugas polisi lalu lintas yang telah sabar dan senantiasa mengayomi masyarakat.

“Banyak kejadian mulai dari suka hingga duka saat bertugas. Semoga semua pelaksanaan tugas yang dijalankan oleh rekan-rekan sekalian menjadi ladang ibadah dan ikhtiar oleh Allah SWT,” ujarnya.

21. DITLANTAS

Ditlantas Polda Metro Jaya Akan Sebar 1.000 Polantas Lakukan Pelayanan Police Smart

Published

on

By

Jumat, 9 Desember 2022 14:55 WIB

TBNews PMJ – Ditlantas Polda Metro Jaya akan menyebar sebanyak 1.000 polisi lalu lintas (Polantas) di kelurahan-kelurahan. Sebanyak 1.000 polantas ini akan menjalankan pelayanan Police Smart untuk mengentaskan permasalahan masyarakat di bidang lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, Police Smart ini untuk mengubah mindset, dimana dulunya masyarakat ada masalah datang ke polisi, sekarang sebelum masyarakat ada masalah dan polisi mengetahuinya datang untuk menyelesaikan.

Police Smart mulai dilakukan Jumat malam ini sekira pukul 20.00 WIB akan dilakukan sekaligus dalam rangka HUT ke-73 Polda Metro Jaya. Pihaknya akan fokus menghadapi permasalahan masyarakat di bidang lalu lintas seperti kesulitan membuat SIM dan lainnya,” kata Kombes Latif pada Jumat (9/12/2022).

Kombes Latif mencontohkan, polantas akan memberi tahu masyarakat yang mengalami kesulitan untuk ujian SIM. Petugas yang ditempatkan di kelurahan-kelurahan akan memberi tahu kunci jawaban soal ujian tertulis pembuatan SIM.

“Police Smart juga akan membantu masyarakat yang kesulitan hendak balik nama atau cek fisik kendaraan bermotor milik masyarakat,” ujarnya.

Menurut Kombes Latif, sebanyak 1.000 polantas ini akan ditempatkan di seluruh kelurahan wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Ini dilakukan untuk mengentaskan permasalahan masyarakat di bidang lalu lintas,” ucapnya.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Hari Ini E-TLE Mobile Mulai Tindak Pelanggar Lalu Lintas

Published

on

By

Jumat, 9 Desember 2022 13:50 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya hari ini telah mulai melakukan penindakan dengan menggunakan e-TLE mobile, Jumat (9/12/2022). Sebanyak 11 e-TLE mobile akan menindak setiap pelanggar lalu lintas di jalanan Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, setelah sebelumnya ada larangan tilang manual pihaknya melakukan uji coba pelaksanaan e-TLE mobile. Setelah dilakukan uji coba hari ini mulai diberlakukan penindakan pada para pelanggar.

Sebayak 11 e-TLE mobile tersebut disebar di setiap Polres di Polda Metro Jaya. Masing-masing polres mendapatkan satu e-TLE mobile.

“Ya sudah saat ini (e-TLE mobile), sudah kita mulai, sudah berjalan. 11 ini ada di Jakarta Raya secara keseluruhan di masing-masing Polres 1, Tangsel sudah ada yang akan kita trial dan udah kita laksanakan,” kata Kombes Latif di Polda Metro Jaya, Jumat (9/12/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, sebelum pelaksanaan dilakukan uji coba. Hasilnya tergolong baik dan dapat merekam pengendara yang melanggar.

“Ini kan sudah menggunakan AI soalnya, jadi secara otomatis langsung akan merekam pelanggar-pelanggar tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya, dari hasil uji coba pelanggaran banyak merekam pelanggar yang tidak menggunakan helm, dan sejumlah pelanggaran lainnya.

“Tidak menggunakan helm, boncengan lebih dari tiga, sabuk pengaman, menggunakan HP, melanggar rambu, melawan arus lalu lintas,” pungkasnya.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Meski Ditiadakan Tilang Manual, Ditlantas Polda Metro Jaya Tetap Siagakan Polisi di Jalan

Published

on

By

Senin, 21 November 2022 09:20 WIB

TBNews PMJ – Pasca ditiadakannya tiang manual, fenomena masyarakat yang dengan sengaja melanggar lalu lintas banyak ditemukan. Pasalnya, saat ini polisi mengganti penindakan hukum di jalan raya menggunakan sistem tilang elektronik (e-TLE).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, penghilangan tilang manual tidak berarti pengendara bebas untuk melakukan pelanggaran di jalan.

“Kami melakukan tilang elektronik bukan untuk sebanyak-banyaknya menilang, tapi kita memberikan pesan bahwa kamu sebenarnya harus hati-hati,” kata Kombes Latif kepada wartawan, Sabtu (19/11/2022).

Menurut Kombes Latif, anggota lalu lintas tetap akan berjaga di lapangan meski tilang manual telah dihilangkan. Ia pun tidak segan untuk tetap menilang pengendara yang berpotensi menyebabkan kecelakan fasilitas hingga yang terindikasi adanya pidana, salah satunya dengan menggunakan plat nomor palsu.

“Dalam artian mereka sudah memulai bagaimana biar tidak terkena e-TLE, seperti yang dia asal nempel (pelat) dan ini kan namanya pemalsuan. Nah ini yang pidana. Ini yang bisa kita lakukan penilangan secara manual,” tutur Kombes Latif.

Ia pun menjelaskan, polisi masih bisa melakukan penindakan dsri teguran hingga penilanga. “Kalau masih sewajarnya akan dilakukan penindakan edukasi, teguran. Tapi kalau sudah mengarah ke pidana, mengarah ke potensi laka lantas, itu bisa kita tilang (manual),” tambahnya.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News