Connect with us

21. DITLANTAS

E-TLE Catat Ada 614 Penindakan, Selama Tiga Hari Pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2022

Published

on

TBNews PMJ – Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, resmi menggelar operasi kepolisian Patuh Jaya 2022 yang dimulai sejak hari Senin (13/6/2022) hingga Minggu (26/6/2022) mendatang. Selama tiga hari pelaksanaannya tercatat ada 614 lebih penindakan melalui Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).
Operasi ini, ditujukan untuk memberikan perlindungan, pelayanan, dan penekanan guna meminimalisir terjadinya angka kecelakaan lalu lintas yang berujung maut.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) telah mencatatkan 600 lebih penindakan yang terjadi dalam gelaran Operasi Patuh Jaya 2022

Kombes Sambodo melanjutkan, terkait dengan berapa jumlah penindakan yang dilakukan para kendaraan dengan plat nomor khusus dan rahasia, pihaknya belum masih bisa untuk membeberkan hal itu.

Dalam Operasi Patuh 2022 ini, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, pelaksanaan Operasi kali ini bakal berbeda dengan pelaksanaan Operasi serupa pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kita tidak menitikberatkan kepada Operasi yang dilaksanakan secara stationer di jalan maupun mengejar target, menangkap, melakukan penindakan kepada para pelanggar sebanyak-banyaknya itu tidak. Kita akan dieksistensi pada kegiatan Operasi tahun ini dengan menggunakan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE),” kata Irjen Firman Shantyabudi saat gelaran apel Operasi Patuh 2022 di Polda Metro Jaya, Senin (13/6/2022).

Irjen Firman Shantyabudi menjelaskan, kendati menitikberatkan penggunaan teknologi ETLE untuk memantau pelanggaran di jalanan, pihaknya bakal tetap menempatkan sejumlah petugas Kepolisian di lokasi guna memberikan edukasi dan pencegahan kepada para pihak yang melanggar.

“Jajaran yang melaksanakan kegiatan Operasi ini dititikberatkan pada kegiatan edukasi dan preventif, sementara kegiatan penegakkan hukum akan dilaksanakan melalui kegiatan elektronik (ETLE),” ujar Irjen Firman Shantyabudi .

“Evaluasi dari giat rutin yang rekan-rekan laksanakan selama ini, maupun kelengkapan kamera yang ada pada teguran di masing-masing Polda, silakan dijadikan evaluasi dan target kita hari ini,” sambung dia.

Sementara itu, terkait Operasi ini, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran mengatakan, pihaknya bakal lebih menekankan pengendara yang menggunakan rotator dan plat nomor khusus yang kerap menyalahi aturan.

“Penekanannya adalah untuk pengguna rotator dan pengguna plat khusus. Tidak ada keistimewaan yang menggunakan rotator atau plat khusus, saya juga sedang mengevaluasi dan memerintahkan Dirlantas untuk menertibkan plat-plat khusus dan rotator apabila ditemukan,” ujar Kapolda.

Sebagai informasi, dalam Operasi Patuh 2022 ini, polisi setidaknya menargetkan sebanyak 8 jenis pelanggaran, di antaranya, penggunaan knalpot bising, penggunaan rotator, aksi balap liar, melawan arus, penggunaan handphone saat mengemudi, penggunaan helm yang tidak sesuai standar, berkendara tak menggunakan sabuk keselamatan, serta berboncengan roda dua melebihi satu orang.

21. DITLANTAS

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana Presiden untuk Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Published

on

By

Selasa, 16 Agustus 2022 11:00 WIB

TBNews PMJ – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka dan Istana Negara untuk pengamanan upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8/2022) besok.

“Patung Kuda kita akan lakukan penutupan, Harmoni penutupan, Gambir juga dilakukan penutupan sehingga lingkungan Istana betul-betul steril dari lalu lintas,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Kombes Latif Usman mengatakan, sterilisasi jalur dilakukan pada Selasa malam mulai pukul 21.00 WIB hingga berakhirnya Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada Rabu sore.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 500 Polisi Lalu Lintas (Polantas) untuk menjaga kelancaran lalu lintas di lokasi upacara maupun kawasan lain yang terdampak oleh penutupan jalan.

Kombes Latif Usman memperkirakan penutupan jalan di sekitar Istana tidak akan menimbulkan kemacetan karena 17 Agustus adalah hari libur nasional.”Besok hari libur mudah-mudahan arus lalu lintas tidak terlalu padat, ini yang menguntungkan kita. Masyarakat juga akan merayakan hari kemerdekaan di tempat masing-masing,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretariat Presiden telah mengumumkan akan menyelenggarakan rangkaian Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dengan kondisi seperti sebelum COVID-19. Dengan demikian, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan diturunkan secara penuh sesuai formasi 17-8-45 pada dua sesi upacara tersebut. Kemudian, Istana juga menyelenggarakan kembali kirab atau arak-arakan Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Pengemudi Pemakai Plat RFH Palsu dan Tabrak Polisi di Tol Pancoran Ditetapkan Jadi Tersangka

Published

on

By

Senin, 8 Agustus 2022 09:09 WIB

TBNews PMJ – JFA, pengemudi Daihatsu Terios berpelat khusus RFH yang menabrak anggota polisi Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, di Tol Pancoran, Jakarta Selatan, ditetapkan sebagai tersangka.

Plh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Edy Purwanto mengatakan, pengemudi yang ugal-ugalan di Tol Pancoran, Jakarta Selatan sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka, diduga melanggar pasal 311 ayat (3) UU LLAJ,” ujarnya kepada wartawan saat dihubungi Sabtu (6/8/2022).

Polisi memastikan nomor kendaraan berwarna abu-abu itu palsu. Sebab, pengemudi tidak dapat menyerahkan surat kendaraan yang dapat membuktikan mobil itu memiliki pelat khusus. “Pelat RFH yang digunakan atau yang terpasang merupakan pelat palsu atau tidak dikeluarkan secara sah,” kata Edy

Ia menambahkan alasan pengemudi tersebut memakai plat palsu RFH untuk menghindari ganjil genap.

“Untuk menghindari ganjil genap,” paparnya.

Kejadian bermula saat anggota PJR curiga dengan keberadaan mobil berpelat rahasia RFH dan menggunakan strobo. Pelat RFH adalah jenis pelat mobil yang digunakan khusus oleh pejabat negara eselon II atau setingkat direktur kementerian. Petugas bermaksud memberhentikan pengendara mobil untuk melakukan pemeriksaan.

“Ya kalau mobil pelat rahasia itu kan tidak boleh pakai strobo. Yang boleh menggunakan itu adalah mobil dinas. Polri dan TNI itu boleh. Kalau mobil pelat rahasia itu tidak boleh ada strobo,” kata Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya, Sutikno. Namun, saat diberhentikan, pengendara mobil tersebut justru berusaha kabur dan menabrak petugas. Pengemudi mobil kemudian berusaha kabur dengan melintasi jalan tol ke arah Jakarta Utara hingga Bintara. “Dilakukan pengejaran dan tertangkap di Bintara, Bekasi,” kata Sutikno.

Continue Reading

21. DITLANTAS

Pesan Kapolda Metro Jaya ke Dirlantas Baru

Published

on

By

Jumat, 15 Juli 2022 08:25 WIB

TBNews PMJ – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Metro Jaya pada Kamis (14/7/2022). Upacara sertijab itu dilaksanakan di Stadion Presisi pada pukul 17.35 WIB.

Dalam amanatnya, Kapolda Irjen Fadil berpesan kepada Dirlantas Polda Metro Jaya yang baru yaitu Kombes Latif Usman untuk turun ke lapangan.

“Kepada Kombes Latif Usman selaku Dirlantas, jangan berkantor di ruangan karena seyogyanya jalan raya adalah kantor bagi seluruh personel Ditlantas Polda Metro Jaya,” kata Irjen Fadil dalam amanatnya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

“Lakukan analisa dan pecahkan masalah yang terjadi di jalan raya. Perhatikan titik-titik lokasi yang selalu terjadi kemacetan, lakukan upaya screening dan analisis untuk menyelesaikan masalah,” terang Irjen Fadil.

Selain itu, Irjen Fadil juga meminta agar parkir liar ditindak tegas.  “Kemacetan jangan dibiarkan, jangan dianggap tugas biasa, jangan dianggap hal biasa. Kita harus tingkatkan rasa sense of responsibility,” ucap Irjen Fadil.

Kemudian, Irjen Fadil juga meminta Kombes Latif Usman untuk membentuk tim satgas untuk mengatasi parkir liar di Jakarta.

“Silakan bentuk satgas anti-kemacetan, satgas khusus anti kemacetan bergabung dengan stakeholder lain. Lakukan sosialisasinya, edukasi dan lengkapi fasilitas agar ke depan konsep modern polisi dapat terus kita laksanakan,” jelas Irjen Fadil.

Untuk diketahui, Jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya sebelumnya dijabat oleh Brigjen Sambodo Purnomo Yogo. Brigjen Sambodo kini mendapatkan promosi sebagai Karojakstra Srena Polri.

Sementara, Jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya yang baru kini diisi oleh Kombes Latif Usman. Kombes Latif Usman sebelumnya menjabat sebagai Dirlantas Polda Jatim

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News