Connect with us

Kegiatan Polri

Kampung Tangguh Bojong Nangka Tangerang, Sediakan Ruang Isolasi Hingga Warga Bisa Testing Corona Mandiri

Published

on

Tribratanews PMJ – Program kerja Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bertajuk Kampung Tangguh Jaya khususnya di Bojong Nangka, Tangerang memiliki perkembangan cukup menonjol. Kampung Tangguh disana memiliki ruang isolasi mandiri untuk warga yang terdampak Covid-19.
Irjen Fadil Imran pada sore ini baru saja mengunjungi Kampung Tangguh di Bojong Nangka, Tangerang. Dia melakukan pengecekan mulai dari lokasi testing hingga perawatan masyarakat yang terpapar virus corona.
Disana selain ada pengembangbiakan ikan lele, ada terdapat ruangan isolasi mandiri. Ruangan tersebut digunakan untuk masyarakat yang terpapar virus corona.
Ada pula pengecekan virus corona secara rutin yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri. Masyarakat itu tentunya sudah diberikan pelatihan.
Ibu Bay, Warga RT 2 mengaku adanya Kampung Tangguh di wilayahnya sangat bermanfaat. Sebab, Kampung Tangguh menyediakan tempat cuci tangan hingga pengecekan virus corona yang dilakukan oleh warga disana sendiri.
“Kampung Tangguh disini bagus, cukup membantu warga disini. Banyak program bagus disini misalnya pengecekan virus corona gratis juga dikasih fasilitas cuci tangan banyak gratis bahkan ada ruang isolasi,” kata Ibu Bay di lokasi, Jumat (26/2/2021).
“Ini yang swabnya anak-anak kita sendiri dan rutin ini ada dua kali sudah swab. Seminggu kemarin aja saya baru swab dan sekarang swab lagi,” sambungnya.
Di lokasi yang sama, Irjen Fadil Imran menyampaikan jika ada puluhan warga yang dilatih untuk melakukan swab. Pelatihan swab itu dilakukan oleh Polri dan TNI.
“Kalau warga merasa kurang enak badan disiapkan swab antigen gratis dan bisa door to door karena 52 warga disini dilatih untik bisa swab antigen mandiri,” kata Irjen Fadil Imran.
Ketua RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Tato menyebut warganya sangat mengapresiasi daerahnya didirikan Kampung Tangguh Jaya. Hal ini karena melihat penyebaran Covid-19 yang cukup tinggi di daerahnya tersebut.
“Pertama adalah kenapa bisa terpilihnya RW saya sebagai kampung tangguh, karena memang satu dari Polda memang melihat grafik daripada RW 15 ini memang tinggi penyebaran Covid-19-nya. Ini sebagai penanggulangan Covid disini,” ucap Tato.
Disamping itu, dia menyebut ada 5 ribu alat tes swab antigen yang diberikan agar penyebaran Covid-19 bisa terdeteksi sedini mungkin. Selain itu, program Kampung Tangguh Jaya ini juga memberikan ketahanan pangan dengan menyebarkan bibit lele.
“Jadi program dari Kampung Tangguh Jaya ini adalah harus tangguh di dalam kesehatan, masyarakat harus tangguh, masyarakat harus bisa mandiri harus bisa kuat menghadapi ini makanya mereka memberikan pelatihan untuk bisa swab antigen mandiri,” terangnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10. BIDANG KEDOKTERAN DAN KESEHATAN

Polda Metro Jaya Terima 10.000 Swab Antigen Test Kit dari Siloam Hospitals Group

Published

on

By

Tribratanews PMJ — Untuk mendukung upaya pengendalian pandemi Covid-19 di bulan Ramadan, Siloam Hospitals Group memberikan 10.000 swab antigen test kit kepada Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya. Bertempat di Gedung Promoter Polda Metro Jaya , Kamis (29/4/2021), penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Presiden Direktur PT Siloam International Hospitals Tbk Darjoto Setyawan kepada Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo.

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo menyampaikan apresiasi yang tinggi atas  inisiatif dan kerja sama dari Siloam Hospitals tersebut.

“Apresiasi kami sampaikan kepada Siloam Hospitals, bantuan ini sangat berguna bagi anggota kami yang terus menjalankan tugas dalam melayani masyarakat di tengah pandemi Covid-19, terutama selama periode pengetatan mudik 6-17 Mei 2021,” tutur  Brigjen Pol Hendro Pandowo.

Menurut Wakapolda, bantuan alat Tes swab antigen ini akan digunakan terhadap masyarakat yang berkriteria bisa mudik.  “Tes Swab Antigen ini akan kami lakukan di 8 titik penyekatan yang sudah ditentukan,” ujar Hendro mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Siloam International Hospitals Tbk Darjoto Setyawan mengatakan penyerahan swab antigen kit test merupakan salah satu kontribusi Siloam Hospitals dan bentuk saling mendukung antar pihak atau sektor dalam upaya untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran Virus Corona.

“Petugas polisi merupakan salah satu garda terdepan dalam memerangi pandemi ini, kontribusi ini diharapkan akan bermanfaat untuk deteksi dini agar bisa memberikan perlindungan terhadap personel kepolisian sehingga dapat bertugas dengan baik setiap harinya,” tutur Darjoto.

Dalam merespons pandemi Covid-19, Siloam Hospitals menerapkan protokol kesehatan yang ketat di rumah sakit untuk keamanan pasien, pengunjung, dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya.

Protokol kesehatan tersebut antara lain adalah skrining sebelum masuk rumah sakit, pemisahan pasien bergejala dan tanpa gejala, mewajibkan pemakaian masker, disinfeksi setiap bagian rumah sakit setiap waktu,

Serta memberlakukan limitasi akses masuk dan jumlah pengunjung rawat inap. Bagi mereka yang memiliki gejala terpapar Covid-19 dengan riwayat risiko seperti kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19

Maka tenaga medis akan langsung mengarahkan ke area isolasi yang telah dikhususkan atau merujuk ke Siloam Hospitals yang khusus merawat pasien Covid-19.

Pada penyerahan donasi 10.000 Swab Antigen kit tersebut turut dihadiri, Dirbinmas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Badya Wijaya, SH. MH, Irwasda Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Herukoco,M.Si, Kabiddokes Polda Metro Jaya, Kombes Pol. dr.Didiet Setioboedi,Sp.THT-KL, dan Karolog Polda Metro Jaya, Kombes Pol . Drs.Hariono.

 

Continue Reading

Berita Terkini

Breaking News