Connect with us

25. SAT BRIMOB

Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Metro Jaya bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Gelar Kegiatan Sertifikasi Jibom

Published

on

Jumat, 21 Januari 2022 09:05 WIB

TribrataNews PMJ – Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Metro Jaya bersama Lembaga Sertifikasi Profesi menggelar kegiatan Sertifikasi Jibom (Penjinakan Bom) guna menjaga peningkatan keterampilan personel.

“Pada dasarnya kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kemampuan yang selama ini telah dimiliki personel Detasemen Gegana Satbrimob Polda Metro Jaya baik dari aspek mental, pengetahuan maupun keterampilan,” kata Komandan Satuan Brimob Polda Metro Jaya Kombes Pol. Gatot Mangkurat Putra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (20/1/2022).
​​
Kombes Gatot Mangkurat mengungkapkan, kegiatan sertifikasi ini adalah respon pihak kepolisian menjamin keamanan masyarakat dengan memastikan personel Detasemen Gegana mempunyai kompetensi yang mumpuni dan tersertifikasi.

“Kegiatan ini diharapkan merespon apa yang diharapkan masyarakat dalam kegiatan penjinakan bom,” tambahnya.

Lebih lanjut Kombes Gatot mengatakan kegiatan ini adalah pertama kalinya kegiatan sertifikasi Jibom digelar di luar Lemdiklat Polri.

“Kegiatan Ini merupakan pertama kali diselenggarakan di luar Lemdiklat dan juga pertama kali Satbrimob jajaran yang melaksanakan sertifikasi ini,” ujar Kombes Gatot.

Kegiatan Sertifikasi Jibom tersebut digelar di Aula Budiman Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya pada Kamis dengan dipimpin oleh Kombes Gatot Mangkurat Putra dan dihadiri oleh Kepala LSP Lemdiklat Polri Kombes. Pol Dr. Susilo Teguh Raharjo selaku Kepala Pelaksana Sertifikasi.
​​
Kegiatan ini turut dihadiri oleh pejabat Satbrimob Polda Metro Jaya serta para peserta sertifikasi dari Detasemen Gegana Satbrimob Polda Metro Jaya.

Detasemen Gegana adalah bagian dari Polri yang tergabung dalam Brigade Mobil (Brimob) yang memiliki kemampuan khusus seperti anti-teror, penjinakan bom, intelijen, anti anarkis, dan penanganan Kimia, Biologi, Radioaktif.

Meski demikian tugas Pasukan Gegana tidak melulu soal penanganan teror, kegiatan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 juga banyak melibatkan pasukan Gegana.

Salah satu tugas vital Detasemen Gegana dalam perayaan Natal dan Tahun Baru adalah sterilisasi gereja untuk memastikan perayaan Natal berjalan dengan aman dan tanpa gangguan.

19. DITRESNARKOBA

Polisi Dirikan Posko Kampung Tangguh Jaya di Kampung Ambon Cengkareng Jakarta Barat

Published

on

By

TribrataNews PMJ — Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat bekerjasama dengan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) dan Satuan Brimob Polda Metro Jaya mendirikan posko Kampung Tangguh Jaya di Kampung Ambon, Komplek Permata, Cengkareng, Jakarta Barat untuk membebaskan kawasan itu dari narkoba dan bebas dari wabah COVID-19.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona mengungkap, Kampung Tangguh Jaya di Kampung Ambon dibangun untuk memberantas peredaran narkotika serta penyebaran Covid-19 di sana. “Yang mau dibuat di sana bukan hanya kampung tangguh bebas dari narkoba, tapi juga kampung tangguh bebas Covid-19, jadi akan banyak program yang dilaksanakan di sana,” kata AKBP Ronaldo, Kamis (27/05/2021).

Menurut AKBP Ronaldo, sebanyak sepuluh personel ditempatkan di posko tersebut. Personel gabungan dari Polres dan Polda ini akan berpatroli dan bersiaga di posko selama 1×24 jam setiap hari.

“Kami juga bukan hanya berpatroli saja, tetapi juga melakukan penindakan terhadap warga yang kita curigai, kita akan periksa, jika ditemui ada narkoba maka akan langsung kita proses,” ujarnya.

Untuk saat ini personel gabungan sedang merangkul masyarakat dalam rangka meningkatkan partisipasi untuk lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan serta menghindarkan dari hal-hal yang negatif.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Barat menggerebek Kampung Ambon, Cengkareng Jakarta Barat pada Sabtu (22/05/2021). Dalam penggerebekan tersebut sebanyak 49 orang diamankan. Tujuh di antaranya dijadikan tersangka. Dari tujuh orang yang dijadikan tersangka, dua di antaranya merupakan bandar. Mereka adalah sepasang suami istri berinisial FPR dan GNS.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, penggerebekan dilakukan seiring dengan adanya perintah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadli Imran untuk segera membersihkan Kampung Ambon dari peredaran narkoba. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Kata Kabid Humas, polisi akan menjadikan Kampung Ambon sebagai Kampung Tangguh. “Mulai hari ini Kampung Ambon akan kita jadikan Kampung Tangguh, tangguh dari Covid-19, Kampung Tangguh dari harkamtibmas, Kampung Tangguh bebas narkoba, zero narkoba di sana,” ungkap Kabid Humas.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News