“Kami menyisir masyarakat yang memang sangat memerlukan bantuan seperti ini di masa pandemi COVID-19,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Sabtu (10/7/2021).
​​
Selain, 20 ton beras, polisi juga membagikan total dua ton gula dan kebutuhan pokok lainnya seperti minyak goreng.

Adapun sasarannya, lanjut dia, warga kurang mampu yang berada di daerah padat penduduk, yang dikerahkan langsung kepada masyarakat.

“Ini terus berlanjut bukan cuma sampai di sini saja masing-masing satuan kerja juga nanti akan melakukan kegiatan yang sama di Polres juga sejak kemarin sudah perintah Kapolda, langsung mendata warga sangat membutuhkan bantuan sosial,” ucap Kombes Yusri.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan agar warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan mengingat kasus pandemi COVID-19 di Jakarta belum melandai.

“Siapa lagi yang bisa memutus, yang bisa memberhentikan Covid-19 ini tiada lain kecuali kita sendiri. Caranya cuma satu mau disiplin taat dan patuh terhadap apapun yang disampaikan atau kebijakan pemerintah,” imbuh Kombes Yusri.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Fadil Imran melepas bakti sosial pemberian bantuan sosial tersebut yang dilaksanakan di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya.

Kapolda mengatakan petugas kepolisian tidak hanya bertugas mengatur lalu lintas saat PPKM Darurat tetapi juga memiliki empati bagi warga yang kesulitan saat pandemi COVID-19.

“Sambangi masyarakat masuk keluar kampung, berikan sembako ini, tanyakan kesulitannya apa, kalian catat nanti kita evaluasi,” kata Kapolda kepada jajaran.