Tribratanews PMJ — Polres Metro Jakarta Timur mengantisipasi adanya penyebaran COVID-19 di terminal kedatangan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) saat momen arus balik.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pengelola terminal bus di Jakarta Timur yang melayani penumpang AKAP, salah satunya di Terminal Pulogebang.

“Pada hari ini kami jajaran Polres Metro Jakarta Timur berkoordinasi dengan Kepala UPT Pulogebang, sama Dishub untuk mengantisipasi datangnya pemudik ke Jakarta,” kata Erwin Kurniawan saat ditemui di Terminal Pulogebang, Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Erwin Kurniawan mengatakan pihaknya juga menerjunkan personel untuk pengawasan protokol kesehatan kepada penumpang arus balik yang baru tiba di Jakarta guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Nanti di sini juga sudah disiapkan GeNose dan swab antigen berikut tenaga kesehatan. Sejauh ini ada 500 (alat tes usap) lebih,” ujar Kombes Erwin Kurniawan.

Selain itu, Erwin menambahkan bahwa pengawasan protokol kesehatan pemudik yang baru tiba di Jakarta ini juga akan dilakukan di tingkat RT/RW.

“Selain itu, ada satgas di tingkat RT/RW, kita juga melakukan filterisasi di terminal bus terutama kedatangan dari luar Jawa atau luar Jakarta sehingga kegiatan ini akan dilakukan terus-menerus,” jelas Kombes Erwin.