Connect with us

Humanis

Anak Korban Kekerasan Ayah Kandung Dirawat Sementara oleh Kapolres Tangsel, Ini Kata Kak Seto

Published

on

Tribratanews PMJ — Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi atau yang dikenal Kak Seto bertandang ke Mapolres Tangerang Selatan (Tangsel). Kedatangannya itu bertujuan untuk melihat kondisi anak perempuan yang menjadi korban kekerasan oleh ayah kandungnya di kediamannya kawasan Pondok Jagung Timur, Serpong, Kota Tangsel.

Kak Seto mengatakan saat ini korban dalam kondisi membaik secara fisik maupun psikologisnya. Pasalnya, korban sementara waktu diasuh di kediaman Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Iman Imanuddin bersama keluarganya hingga memberikan dampak positif bagi perkembangan anak perempuan berusia 5 tahun itu.

“Ya pertama saya salut sepenuhnya kepada Bapak Kapolres dan seluruh jajaran beliau bahwa ternyata korban ini diberikan treatment psikologis yang sangat tepat. Jadi waktu ditawarkan untuk Rumah Aman, Bapak Kapolres mengambil inisiatif ditempatkan di keluarga beliau,” kata Kak Seto di Mapolres Tangsel, Serpong, Selasa (25/05/2021).

“Kebetulan korban ini kan usianya sepantaran dengan putri beliau yang bungsu. Dan saya melihat putri tadi tidak tercermin sedikitpun trauma dan sebagainya cukup gembira, spontan, bermain ceria, dan saling ceria dan saling menyemangati dengan putri Bapak Kapolres,” sambungnya.

Kak Seto menjelaskan langkah tersebut tepat dilakukan untuk dapat menghilangkan rasa traumatik dari korban.

Menurut Kak Seto, pengobatan secara sosial lebih dipentingkan agar sang korban dapat kembali ke lingkungan masyarakat.

“Saya kira memang itu yang penting, bahwa pengalaman traumatik seorang anak itu justru bisa dengan prinsip istilahnya social learning teory atau teori belajar sosial. Itu di dalam keluarga dimana ada anak-anak yang seusia dengan korban itu saling memotivasi secara positif. Dari segi anak saya amati banyak sekali kemajuannya secara traumatik,” jelasnya.

“Banyak hal-hal positif yang selama ini saya perhatikan juga dari komunikasi antar anak kecil itu, kemudian bagaimana mereka juga saling mengisi, bagaimana mereka saling support yang mungkin sama kita hampir tidak pernah terpikirkan. Juga yang paling efektif adalah mengembalikan kepada suasana yang diharapkan kepada si anak,” kata Kak Seto.

Sementara itu, Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Iman Imanuddin mengakui bahwa sang anak saat ini sedang berada dibawah asuhannya.  Menurutnya langkah tersebut diambil olehnya guna sang anak dapat kembali pulih dari traumatik dari aksi kekerasan yang dialaminya itu.

Ditambahkan, AKBP Iman mengaku memiliki anak yang seusia dengan korban hingga dapat menjadikannya sebagai sahabat bermain

“Sementara saja kami rawat sampai dengan kondisinya sampai mulai stabil. Sudah menyesuaikan, kebetulan di rumah kan ada anak kecil juga. Tadi kami diskusi dengan Kak Seto, ternyata terapi keluarga itu lebih efektif untuk pemulihan kondisi psikologis anak. Karena sesama anak saling berkomunikasi ya,” katanya dikesempatan yang sama.

21. DITLANTAS

Ditlantas Polda Metro Jaya Dirikan Lima Posko PPKM Mikro di Zona Merah Covid-19

Published

on

By

TribrataNews PMJ — Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendirikan lima posko pemeriksaan (check point) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di zona merah guna menekan kasus penyebaran Covid-19.

“Sementara ini kita bangun lima ‘check point‘ di daerah zona merah,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Dirlantas menyebutkan lima posko itu ada di wilayah RW 16 Kelurahan Cengkareng Timur (Jakarta Barat), RW 03 Kelurahan Cilangkap (Jakarta Timur), samping Polsubsektor Pasar Kebayoran Lama (Jakarta Selatan), RW 04 Kelurahan Semper Barat Cilincing (Jakarta Utara) dan Cempaka Putih (Jakarta Pusat).

Kombes Sambodo menuturkan petugas posko tersebut juga akan menggelar tes usap antigen dan vaksin secara mobile bagi warga sekitar.
“Ada tes usap antigen dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan COVID-19,” ujarnya.

Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang kembali kebijakan PPKM Mikro pada 15-28 Juni 2021 seiring tingginya kasus aktif dalam beberapa pekan terakhir imbas libur lebaran.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan perpanjangan PPKM Mikro diputuskan melalui Kepgub Nomor 759 Tahun 2021 dan Ingub Nomor 39 Tahun 2021 karena peningkatan kasus aktif di Ibu Kota menunjukkan tren mengkhawatirkan setelah libur lebaran.

Continue Reading

8. POLRES METRO BEKASI

Kapolres Metro Bekasi Imbau Warga Nonton Bareng Piala Eropa di Rumah Masing-masing

Published

on

By

TribrataNews PMJ — Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, selaku Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, melarang warga nonton bareng (nobar) sepak bola atau kegiatan olahraga lainnya yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menyebarkan virus corona. Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya melarang segala kegiatan yang menimbulkan kerumunan, termasuk kegiatan nonton bareng.

Menurutnya, kegiatan nobar Piala Eropa biasanya pada malam hari dan sangat rawan karena kurang pengawasan dari tim satgas Covid-19.

“Biasanya kalau nobar itu karena malam hari pengawasannya kurang ketat oleh satgas ini seringkali terjadi kerumunan,” ujarnya.

Dia meminta masyarakat  tidak menggelar nobar, menonton nonton sepakbola dari rumah masing-masing bersama keluarga inti.

Bagi pengusaha baik kafe dan restoran juga diminta tidak mengadakan nobar yang kapasitasnya tidak memenuhi protokol kesehatan.

“Tapi saya sarankan untuk tidak menggelar nobar, silahkan nobar tapi di rumah oleh anggota keluarga sendiri, jangan difasilitas umum,” katanya.

Fasilitator nobar yang melanggar prokes akan dikenakan sanksi.

“Kami akan melakukan pengecekan bagi fasilitator menyediakan nobar tidak menjalankan prokes dengan baik akan saya kenakan sanksi sesuai aturan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi menyatakan, terjadi penambahan 276 kasus Covid-19 pada hari ini, Selasa (15/6/2021).

Total kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Bekasi hari ini menjadi 1.173 kasus.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah mengatakan, hari ini terjadi penambahan 276 kasus.

Menurut dia, total kasus secara kumulatif sejak awal pandemi virus corona sebanyak 28.410 kasus.

Untuk pasien sembuh hari ini bertambah 87 orang sehingga total pasien sembuh sebanyak 26.946.

“Angka kematian bertambah satu sehingga total menjadi 291 orang yang meninggal di Kabupaten Bekasi,” kata Alamsyah, di Cikarang, Selasa (15/6/2021).

Dari 276 orang positif corona, sebanyak 352 orang dirawat di rumah sakit atau bertambah 38 orang dan 821 orang isolasi mandiri atau bertambah 151 orang.

Penyumbang kasus terbanyak Covid-19 di Kabupaten Bekasi, di antaranya di Kecamatan Tambun Selatan, Cikarang Selatan, Cibitung, Babelan, Cikarang Utara, Karang Bahagia, dan Tarumajaya.

Continue Reading

Berita Terkini

Polda Metro Jaya Berdayakan Pokdarkamtibmas Tekan Penyebaran Covid-19

Published

on

By

TribrataNews PMJ — Direktur Bimbingan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Badya Wijaya bersilahturahmi dengan Pokdarkamtibmas Polda Metro Jaya di Padepokan Pancasila Jakarta, Sabtu (12/6/2021) siang. Dalam silaturahmi tersebut, Kombes Pol Badya Wijaya meminta anggota Pokdarkamtibmas bersama tiga pilar melakukan langkah memperdayakan anggota mitra kamtibmas untuk melakukan sosialisasi penyuluhan pencegahan penularan Covid-19 mengingat masih tinggi penularan Covid-19 di Jakarta dan Jawa Barat.

“Dalam mengatasi penanganan pencegahan Covid-19 tidak cukup dilakukan unsur Polri, TNI, dan pemerintah. Namun beberapa stakeholder seperti Pokdarkamtibmas langsung bersentuhan dengan masyarakat dapat membantu memberikan sosialisasi penyuluhan tentang pencegahan penularan Covid-19,” ujarnya didampingi Ketua Pokdarkamtibmas Daerah Polda Metro Jaya, Prof.Dr. Ir. H. Djoko Setyo Widodo, SE.,MM., Sabtu (12/6/2021).

Dirbinmas mengungkapkan kelompok sadar kamtibmas di jajaran Polda Metro Jaya  ikut berperan setiap kegiatan Kampung Tangguh Jaya.

“Pimpinan Kapolda Metro Jaya kini lagi gencar dalam mengatasi penyebaran Covid-19 dengan pembentukan Kampung Tangguh Jaya di lokasi zona merah,” ungkapnya.

Kombes Badya menambahkan pihaknya memberikan sebanyak 4.000 masker kain dibagikan kepada anggota Pokdarkamtibmas.

“Masker yang dibagikan dapat diberikan ke masyarakat sekaligus ikut mensosialisasi protokol kesehatan 5M 3M  untuk masyarakat tahu keberadaan Pokdarkamtibmas sebagai mitra kamtibmas Polri,” tutupnya.

“Selain itu sesuai atensi Kapolda Metro Jaya langsung perintah Kapolri untuk jajaran memerangi premanisme.”

Terpisah Ketua Pokdarkamtibmas Daerah Polda Metro Jaya, Prof. Dr. H. Djoko Widodo mengatakan pihaknya akan berkolaborasi dengan tiga pilar, Polda Metro Jaya, Pangdam, dan Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sebanyak 30 ribu anggota Pokdarkamtibmas tersebar di 13 Sektor dan yang aktif hanya 11 Sektor karena sisanya pulau, siap membantu mendukung tugaa Polri dalam mengatasi penyebaran Covid-19,” tambahnya.

“Keberadaan Pokdar di masyarakat berperan aktif partisipasi dalam Kampung Tangguh Jaya yaitu meminimalisir penyebaran Covid-19, menumbuhkan gerakan ekonomi daerah, dan peran serta dalam mensosialisasikan penyuluhan,” pungkasnya.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News