Connect with us

Berita Terkini

100 Hari Kerja Kapolri, Sebanyak 1.864 Kasus Diselesaikan Dengan Restorative Justice

Published

on

Tribratanews PMJ — Polri menyatakan sebanyak 1.864 kasus yang diselesaikan dengan menggunakan pendekatan Restorative Justice atau keadilan restoratif dalam 100 hari kerja Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kapolri.

“Sudah dilakukan sebanyak 1.864 di masing-masing Polda,” jelas Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers 100 hari kinerja Kapolri, di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Senin (17/5/21).

Irjen Argo Yuwono menjelaskan, terkait dengan keadilan restoratif, saat ini, pihaknya sedang menggodok Peraturan Kepolisian (Perpol) untuk mengatur mengenai penerapan restorative justice di Korps Bhayangkara. “Akan kami garap peraturan kepolisian berkaitan dengan penerapan keadilan restorative justice dalam penanganan tindak pidana,” jelas Kadiv Humas Polri.

Kadiv Humas juga mengatakan, pendekatan restoratif itu dilakukan terhadap beberapa kasus dan telah dilakukan di seluruh Indonesia. Misalnya, di Bareskrim ada kasus di Direktorat Tindak Pidana Umum, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus, ataupun Direktorat Tindak Pidana Siber yang telah diselesaikan menggunakan pendekatan restoratif.

Selain itu, terdapat juga beberapa contoh kasus lain di seluruh Indonesia yang menggunakan pendekatan yang sama. Dalam hal ini, restoratif justice membuat aparat dapat mengambil diskresi sehingga pihak pelapor ataupun yang dilaporkan berdamai. “Misalnya ada seperti kemarin, kasus-kasus nenek ngambil kapas. Yang bisa kami selesaikan restorative justice, itu tidak masalah,” jelas Kadiv Humas.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7. BIDANG HUMAS

Kapolda Metro Jaya Beri Penghargaan kepada 2 Prajurit TNI yang Berhasil Menangkap Begal di Kebayoran Baru

Published

on

By

Selasa, 17 Mei 2022 12:15 WIB

TBNews PMJ – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Dr. Moh Fadil Imran, M.Si. memberikan Piagam Penghargaan kepada 2 Prajurit TNI Yonarhanud 10/ABC yang berhasil menangkap Begal di Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada tanggal 7 Mei 2022 lalu.

Piagam Penghargaan diberikan pada saat acara Apel Komandan Satuan Kodam Jaya T.A. 2022 di di Aula Soedirman, Markas Komando Daerah Militer Jaya, Selasa 17 Mei 2022.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada 2 Prajurit TNI karena telah membantu Kepolisian dalam memberantas kejahatan serta turut menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran.

Lebih lanjut Kapolda mengatakan dalam satu tahun setengah menjadi Kapolda Saya merasakan betul kolaborasi lahir bathin antara Polda Metro Jaya dengan Kodam Jaya terjalin begitu kuat, terjalin lebih erat nyata di lapangan, ini adalah sesuatu yang tidak hanya luar biasa tapi juga akan dicatat oleh sejarah bahwa TNI-Polri khususnya Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya begitu konsisten menjaga keamanan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran,  baik Polda Metro Jaya maupun Kodam Jaya, atas dedikasi dan pengabdian selama ini khususnya dalam tahapan pengamanan bulan suci Ramadan kemarin. Alhamdulillah di Jakarta sangat kondusif tidak ada tawuran, tidak ada kejadian menonjol, pengamanan aksi unjuk rasa berhasil dilalui dengan baik, hal tersebut dapat terwujud karena saya dan Pangdam Jaya sudah berkomitmen satu dalam jiwa”, ujar Kapolda.

Sebagai informasi, Jajaran Kodam Jaya menggelar apel Komandan Satuan Kodam Jaya T.A. 2022 yang dihadiri oleh Pangdam Jaya, Pejabat Utama Kodam Jaya, Para Dandim Jajaran Kodam Jaya, Pejabat Utama Polda Metro Jaya, Para Kapolres serta Kapolsek Jajaran Polda Metro Jaya bertempat di Aula Soedirman, Markas Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta, pada Selasa (17/5/2022) pagi.

Continue Reading

6. POLRES METRO TANGERANG KOTA

Polsek Teluknaga Tangkap Begal yang Bacok Ibu Muda Bonceng Anak di Tangerang, Pelaku Ayah dan Anak

Published

on

By

Selasa, 17 Mei 2022 11:35 WIB
TBNews PMJ – Polsek Teluknaga Polres Metro Tangerang Kota berhasil membekuk dua pelaku begal yang membacok seorang ibu muda bernama Galuh Julitri (22 tahun) yang menjadi korban pembacokan begal saat membonceng kedua anaknya yang berusia 3 dan 4 tahun di kawasan Teluknaga, Kabupaten Tangerang pada 21 April 2022 lalu. Aksi pembegalan tersebut viral di media sosial.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pada 21 April 2022 lalu sekira pukul 06.20 WIB.

Kejadian bermula ketika korban hendak berangkat bekerja dengan mengendarai sepeda motor. Namun terlebih dahulu korban ingin menitipkan kedua anaknya ke rumah kakaknya.

“Saat di tengah perjalanan korban dipepet dari belakang oleh dua orang pelaku yang berboncengan sepeda motor, salah satu pelaku langsung memukul korban ke arah muka, serta membacok korban dengan sebilah golok panjang mengarah kepala dan tangan sebelah kiri korban,” papar Kapolres dalam keterangan, Selasa (17/5/2022).

Alhasil, dari kejadian ini korban mengalami luka bacokan di bagian kepala bagian kiri dan pergelangan tangan kiri saat mempertahankan sepeda motornya. Korban berteriak minta pertolongan hingga membuat pelaku panik lalu meninggalkan sepeda motor korban.

“Dua orang saksi berjarak kurang lebih 100 meter dari lokasi kejadian mendengar teriakan korban dan berupaya memberikan pertolongan, pelaku kabur tanpa membawa sepeda motor korban,” ujar Kombes Zain.

Selanjutnya, berdasarkan hasil penyelidikan kedua pelaku dapat diidentifikasi berinisial E (46 tahun) dan MM (21 tahun), warga Lebak Banten yang merupakan seorang ayah dan anak.

Keduanya berhasil diamankan pada Senin (16/5/2022) di Desa Sukanegara, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Banten. Diakui keduanya bahwa masing-masing dari peran mereka ialah pelaku E sebagai eksekutor dan MM joki yang mengendarai sepeda motor.

Kini kedua tersangka sudah diamankan di Mapolsek Teluknaga guna dilakukan pemeriksaan dan pengembangan kasus terkait aksi kejahatannya di TKP lain.

“Terhadap pelaku masih dilakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih dalam, dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana 12 tahun Pidana,” tandasnya.

Continue Reading

4. POLRES METRO JAKARTA SELATAN

Polres Metro Jakarta Selatan Dalami Penangkapan Dua Pemuda Bawa Senjata Tajam di Cepete

Published

on

By

Selasa, 17 Mei 2022 10:50 WIB
TBNews PMJ Penyidik Polres Metro Jakarta Selatan masih mengembangkan kasus penangkapan kedua pemuda berinisial NSA (22 tahun) dan BP (22 tahun) yang kedapatan membawa senjata tajam (sajam) jenis celurit saat melintas di Cipete, Jakarta Selatan pada Minggu (15/5/2022). Penyidik tengah mendalami ada tidaknya dugaan niat tawuran dari kedua pemuda tersebut sehingga harus membawa senjata jenis celurit.

“(Masih didalami), yang pasti niatnya (membawa senjata tajam) sudah enggak benar,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Soplanit saat dikonfirmasi, Selasa (17/5/2022).

Sebelumnya, dari hasil pemeriksaan sementara kedua pemuda ini mengaku membawa senjata tajam jenis celurit untuk berjaga-jaga jika ada yang mengusiknya saat nongkrong. Hingga saat ini, penyidik Polres Metro Jakarta Selatan masih mengembangkan kasus penangkapan kedua pemuda yang kedapatan membawa senjata tajam tersebut.

Lebih lanjut, perwira menengah Polri itu mengatakan, kedua pemuda tersebut akan ditahan di Polres Metro Jakarta Selatan dengan persangkaan Pasal 2 Ayat (1) Undang-Undang (UU) Darurat Tahun 1951.

“Kita tahan mereka dan kita kenakan Pasal UU Darurat kepada pelaku atas dugaan membawa senjata penikam atau penusuk dengan ancaman pidana paling lama 10 tahun penjara,” tukas AKBP Ridwan.

Continue Reading

BERITA POPULER

Breaking News